Rabu, 07 Agustus 2013

Lion Air tabrak sapi, Bandara Jalaluddin




Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-892 dari Jakarta tujuan Gorontalo tergelincir di Bandara Jalaluddin, Selasa (6/8) sekitar pukul 21.00 WITA. Pesawat itu menabrak beberapa ekor sapi yang berada di landasan bandara tersebut.

Pakar penerbangan Dudi Sudibyo mengatakan, pihak bandara harus bertanggungjawab atas insiden tersebut. Sebab, keamanan bandara menjadi tugas mereka.

"Pihak bandara harus tanggung jawab," katanya kepada merdeka.com, Rabu (7/8).

Menurutnya, hingga kini masih ada sejumlah bandara yang dilalui atau menjadi lokasi gembala hewan. Bandara-bandara tersebut umumnya bandara kecil di kawasan terpencil.

"Di beberapa tempat masih ada. Dulu juga saya tahu di bandara kecil, Irian Jaya atau Papua, biasanya ada sirine bunyi menandakan akan ada pesawat, jadi kalau ada orang minggir dari landasan, tapi itu tahun 1980-an," katanya.

Menurutnya, pihak bandara harus rutin memeriksa keamanan bandara. Sebab, bisa saja pagar bandara rusak dan dapat dilalui oleh orang dan hewan.

Seperti diketahui, di dalam pesawat terdapat 110 penumpang termasuk lima bayi, tujuh orang kru termasuk pilot Captain Iwan Permadi dan co-pilot Faisal Hasnan.

Akibat insiden tersebut dua penumpang dievakuasi dengan ambulans dan Bandara Jalaluddin ditutup sementara.

Terkait

Description: Lion Air tabrak sapi, Bandara Jalaluddin Rating: 4.5 Reviewer: ConnectPlus ItemReviewed: Lion Air tabrak sapi, Bandara Jalaluddin
Al
Mbah Qopet Updated at: 19.51

0 komentar:

Poskan Komentar