Rabu, 01 Agustus 2012

Walktrough Bahasa Indonesia : Final Fantasy IX (Disk 1)

Pertama kali yang akan di jelaskan adalah mengenal 3 fitur  tambahan yang ada pada Final Fantasy IX. Yaitu The Field Icon, The Mighty Tent, The Card Game. mari kita lihat satu persatu..

The Field Icon
Setiap kali kamu berada dekat sesuatu yang bisa diteliti, dibuka, diambil, atau dimanipulasi, Field Icon muncul di atas kepalamu.Hal ini menyebabkan pencarian item tersembunyi jadi lebih mudah daripada pencarian yang sebelumnya. Ada beberapa itemsederhana tersebar di hampir seluruh layar game, sama juga dengan item-item yang tersembunyi di lokasi tertentu. Setelahmenemukan lokasi item-item penting, carilah item-item dan perlengkapan yang berguna di setiap area baru. Hati-hati denganField Icon. Selamat berburu!

The Mighty Tent
 Di FF 9, sebetulnya item Tent bisa digunakan dalan pertarungan untuk memulihkan HP dan MP-mu. Tapi, ada risikonya lho pakaiitem itu. Kalau kamu pakai Tent pada dirimu sendiri, ada kesempatan bagus, bukan dipulihkan, tapi kamu malah akan digigit ular yang menyebabkan status penyakit ringan Silence, Darkness, dan Poison, meski kamu punya kemampuan untuk mempertahankandiri. Ular itu membuat Tent sedikit beresiko kalau kamu mengandalkan anggota kelompokmu padanya. Hal yang gila adalah kamubisa menggunakan Tent pada musuhmu mereka juga punya kesempatan digigit ular. Untuk pertarungan melawan boss yanggampang, gunakan Tent pada awalnya sampai ular menggigit.. Lanjutkan pertarungan saat ular itu nggak bisa mengeluarkanmantera dan nyaris nggak bisa menggigitmu karena kehilangan bisanya.

The Card Game
 Kartu game ini lumayan bikin pusing. Setiap kartu punya empat digit yang masing-masing mewakili kekuatan serang, tipeserangan, pertahanan fisik, dan pertahanan magis. Ketiga digit angka itu mewakili angka-angka hexadesimal. Kalau digit itu"0"maka kekuatannya mulai dari 1 sampai 16. Kalau "1", kekuatannya dari 17-32, dst. Digit tipe serangan adalah huruf. P =physical (fisik), M = magical (magis), dan X otomatis memilih dua terbaik di antaranya. Untuk memenangkan kartu game denganmudah, pastikan kamu punya kartu yang lemah dan memuat panah. Letakkan kartu di tengah-tengah papan supaya mudah diambillawan. Saat kartu itu dikelilingi oleh kartu-kartu lain, ambil satu kartumu yang kuat untuk memenangkan kembali kartu lemahmu.Kartu game memuat sedikit tujuan, tapi kamu bisa mengasah skilmu untuk event khusus nanti dalam game

Nah itu tadi fitur tambahan yang terdapat pada Final Fantasy XI, sekarang kita langsung menuju cerita atau Walktrough nya,

1. Aboard the Prima Vista
Sebelum kamu menyalakan lilin, cari ruangan yang berisi potion dan 47 GIL. Setelah lilin itu dinyalakan, terjadi percakapan,lalu kamu melakukan pertarungan pertama. Curi semua item boss, kemudian gunakan serangan fisik aja supaya menang.

02. Alexandria
 Setelah kamu berhasil mengontrol Vivi, kembali ke pintu yang tadi kamu lewati, cari beberapa kartu dan item, lalu balik lagi ke jalan utama untuk melanjutkan perjalanan. Pastikan mencari item dan GIL (perhatikan Field Icon) di setiap sudut dan celah.Ketika sudah tiba di town square (alun-alun kota), pergilah ke loket. (Di permainan lompat tali, tekan tombol kanan begitukamu menginjak/menyentuh tanah. Bisakah kamu melompat 1000 kali biar bisa jadi master lompat tali?) Kamu akan menerimabeberapa kabar mengecewakan, jadi pergilah ke kiri-bawah alun-alun kota melalui gang. Ketika Rat Kid memintamu menjadipelayannya, bilang "no". Lanjutkan perjalananmu di gang (rampok item yang ada di rumah di sana). Kalau kamu menaiki tanggamenara lalu membunyikan lonceng, kamu akan menerima lebih banyak kartu. Kembalilah ke gang, Rat Kid ada di sina lagi. Kali inikamu harus mau jadi pelayannya. Bilang padanya bahwa tidak ada orang yang datang, lalu ikuti dia. Di menara kamu akan menemui Moogle pertama (Moogleberlaku seperti poin penyelamat tempat kamu menggunakan tent (tenda) dan save game-mu). Terus buntuti Rat Kid sampai ke bubungan atap. (PendudukAlexandria menabung di bubungan atap karena berbagai alasan).Begitu kamu berhasil mencapai puri, game dimulai

03. I Want to be Your Canary
 Jangan cemas soal pertarungan, itu palsu. Teruslah menyerang sampai kamu menang. Mantera-mantera hanya diperlihatkan, jangan menimbulkan damagepada yang lain. Kalau kamu mengalami pertempuran pedang (sword battle), ikuti saja petunjuk di layar (on-screen directions) untuk menarik hati penonton.Semakin baik kamu melakukannya, semakin banyak penghargaan yang kamu terima. Kamu boleh mencoba berkali-kali, jadi coba 100%!

04. Alexandria Castle
 Naiklah ke atas ke tangga, temui "Mysterious Hooded Girl," lalu saksikan sebuah peristiwa. Ketika kamu berhasil mengontrol Steiner, kembalilah ke balkondan bicara dengan ratu untuk mendapatkan Silk Shirt. Kemudian turun tangga (di dalam tempat tinggal satria, ada Moogle yang di-save di sebelah kanan).Kembali ke Hallway dan menujulah ke hall utama. Lalu, turuni tangga di bawah lukisan yang ada di ujung hall. Keluarlah ke Courtyard. Belok kiri dan ikuti jalan setapak ke West Tower, naik tangga sampai ke puncaknya

Taktik Auto Potion : Auto-Potion dan Auto-Regen sangat bermanfaat. Jika keduanya dikombinasikan dengan setiap anggota kelompokmu, kalian nggak bakal terkalahkan. Regenakan terus memulihkanmu ketika kamu sedang melakukan serangan senjata, mantera, panggilan, atau pun yang lain. Bahkan saat musuhmu melakukanserangan. Untuk mengaktifkan Auto-Potion perlu waktu beberapa detik (selama itu Regen tetap mengambil efek). Kalau setiap anggotamu punya duakemampuan ini dan mengaktifkannya, setiap serangan akan mengeluarkan Auto-Potion dan setiap orang akan mendapatkan kehidupan dari Regen saat iasedang menyempurnakan diri. Tambahkan Auto-Haste dan Chemist pada efek kombo.

05. Aboard the Prima Vista (2)
Setelah kamu dapat mengontrol Zidane, ikuti Garnet ke ruangan berikutnya dan bicaralah pada Ruby. Ketika kamu mampir keruang mesin, berbaliklah, dan putar kontrol tekanan roda (pressure control whell) ke kanan, lalu ke kiri peti harta bakalmuncul di bagian lain di ruangan itu. Setelah itu, berjalanlah di sepanjang plang yang menuju ke kiri dan turuni tangga . Bukapeti untuk mendapatkan Phoenix Down dari carilah di belakang mesin untuk Phoenix Pinion. Balik lagi melalui pintu danbertarunglah dengan Steiner. Jangan cuma gunakan serangan fisiknya, sekalian curi aja (nggak usah cemas kalau Cinna KO).Lanjutkan sampai kamu bertarung dengan Steiner lagi. Sayang, saat pertarungan ini kamu nggak bisa mencuri, jadi keluarkanaja dua Pluto Knights, lalu Steiner. Kalau perlu, gunakan mantera Garnet's Cure. Amati FMV, lalu bersiap-siaplah bertarunglagi. Abaikan Bomb dan serangan Steiner sampai pertarungan berakhir dengan otomatis dan rangkaian FMV lain dimulai.
 

06. Crash Site
 Di sini kamu akan melihat ATE-mu yang pertama (meskipun sebagian besar ATE boleh dipilih, mereka betul-betulmenampilkan peristiwa yang menarik. Kalau kamu mau, perhatikan ATE, lalu save di Moogle terdekat. Pergilah melewati balok yang dilubangi di pojok layar dan masuki Forest.
 

07. Evil Forest
 ni area pertama tempat kamu menemukan pertarungan-pertarungan secara sembarangan, jadi pastikan perlengkapanmu lengkap. Sangat bijaksana kalaukamu mau bertarung di sini, karena kamu akan terbiasa dengan battle engine dan berguna untuk meningkatkan satu atau dua level sebelum kamu berjalanterus. Kamu juga bisa kembali, gunakan tenda, dan save di Moogle kalau perlu. Kalau sudah siap, pindahlah ke ruang berikutnya dan lawan boss pertamamu.Tujuan utama dalam pertarungan ini adalah menaklukkan tanaman sementara menyelamatkan putri ini adalah pertarungan pertama yang membawamu keTrance, maka gunakan kekuatan barumu untuk mengalahkan tanaman itu dengan cepat. Kalau kamu mengalami kesulitan saat mengalahkan boss dan keadaanGarnet semakin parah, gunakan potion padanya untuk memulihkan poin pukulannya. Kalau pun menang, jangan sombong. Kamu masih harus mengalahkantanaman lain walaupun kali ini Vivi memberimu beberapa asisten. Lakukanlah transaksi yang sama dengan yang sebelumnya. Setelah tanaman itumeninggalkanmu dengan kejutan yang menyebalkan, kamu akan terbangun di Prima Vista.
 

08. Prima Vista
Turun tangga dan masuk ke ruangan di sebelah kanan. Bicaralah dengan Vivi, lalu turun lagi ke dek bawah untuk berbicara dengan Baku. Ia punya sejumlahdamage, tapi kadang-kadang ia bepergian dan tidak menyerang. Kalau kamu punya potion, artinya kamu akan aman untuk mencuri beberapa itemnya sebelumkamu menyerangnya. Sebaliknya, pukul dengan serangan normal sampai dia terjatuh. Setelah bertarung, naik lagi dan lewat pintu masuk ke InstrumentStorage Room. Bicaralah pada Steiner, lalu Vivi. Sekarang kembalilah ke ruang muatan (cargo), lalu keluar. Sebelum kamu berangkat, lengkapi dengansenjata baru dan baju baja yang kamu temukan atau curi dari dalam kapal pastikan untuk mencatat kemampuan yang dimilikinya, karena kamu bolehmempelajari kemampuan dari perlengkapan yang lemah sebelum menukarnya dengan yang baru. Di sini kamu juga bisa membeli item dari Cinna. Pastikanpunya stok potion yang banyak, karena sekarang kamu nggak punya penyembuh magis. Disarankan juga untuk punya beberapa item lain. Save di Moogle, lalu kembali ke hutan.


Stelazio
Aries : Di tanah, di lantai satu-nya Wind mill di Dali
Cancer : Di mobil yang terbalik di Burmecia Suburb
Gemini : Keluarkan 130 Gil ke air mancur di Treno Gate
Taurus :Di tanah dekat toko item di Treno Slums.
Scorpio :  Di tanah di lantai bawah tanah-nya Quan's Dwelling
Virgo : Di ruang tamunya Black Mage Village Inn.
Libra :  Di sebelah air mancur di Madain Sari
Leo: Di lantai Neptune Room-nya Alexandria's West Tower
Sagitarius : Di lantai Lindblum Shopping Area selama renovasi
Capricorn : Di dalam air di Entrance Room Daguerreo
Aquarius: Di peti di hall masuk Ipsen's Castle
Pisces :  Di peti di area Core Airship Invicible
Ophiuchus :  Setelah memberikan 12 pertama ke Queen Stella, temukan Quan's Dwelling yang ke-13

09. Evil Forest 2

Ketika kamu bertarung di sini (atau kali lain dalam game ini) dengan Steiner dan Vivi, Steiner bisa menggunakan teknik Sword Magic, yang memungkinkandia menerapkan mantera apa pun. Dan mantera pada serangan Steiner itu sudah ditambahkan damage oleh Vivi (ini menyebabkan MP-nya Steiner yangmeningkat, bukan Vivi). Cari jalan ke hutan dan temukan healing spring (mata air yang dapat menyembuhkan). Di sini kamu dapat melengkapi misi Mognetpertamamu dengan Moogle. Setelah kamu disembuhkan di mata air ini, lanjutkan ke kanan. Kalau melihat FMV, yakinlah bahwa kamu siap bertarung. Lalupergilah ke ruangan lain dan kamu akan bertemu dengan boss sungguhan yang pertama. Gunakan Steiner's Magic Sword dan Fire sampai Steiner kehabisanMP. Vivi harus melemparkan Fire dan Zidane harus mencuri atau berputar arah. Kalau Plant Brain bikin matamu buta dengan Pollen-nya, jangan ragu-ragugunakan Eye Drops pada siapa pun kecuali Zidane (bahkan kalau ia buta, Steiner tetap bisa memukul dengan Magic Sword, dan Vivi seharusnya tidakmelakukan serangan fisik). Begitu kamu menimbulkan banyak damage, Blank mau bergabung dalam pertarungan. Ia juga bisa mencuri, jadi kalau kamu belummengambil Plant Brain's Iron Helm, suruh Zidane atau Blank atau keduanya untuk mendapatkannya. Tetaplah bertarung sampai kamu mendapatkannya.Sekarang saatnya lari. Segera setelah kamu mendapat kontrol, pergilah ke subscreen dan sembuhkan orang yang terluka saat bertarung dengan boss. Kalaukamu tertangkap (walaupun baru sekali), lawan aja tanaman itu mereka nggak sekuat yang kamu bayangkan, kok dan tetap lari sampai kamu meraih FMV.Events unfold (sama seperti pelajaran dari Mogster) dan akhirnya kamu dapat menguasai dunia untuk pertama kalinya.
 

10. Mist Continent
 Kali ini kamu harus menambah sedikit karakter. Pelajarilah ability (kemampuan) yang paling berguna dari perlengkapanmu, laluraihlah beberapa level. Kalau kamu sudah siap, pergilah ke selatan Ice Caver -, (Kalau kamu perlu potion, ambillah jalanmemutar ke barat dan masuki Melda Arch tempat seorang cewek yang menjual obat padamu dari balik pintu.)
 

11. Ice Cavern
 Di sini menghindarlah dari hembusan angin yang kencang atau kamu harus bertarung dengan Wyerd (kalau ini terjadi, gunakanVivi's Fire atau Steiner's Fire Sword agar bisa mengalahkan Wyerd dengan mudah). Hati-hati dengan dinding es yang bisadicairkan Vivi agar bisa membuka peti dan jalan-jalan tersembunyi (carilah dinding sebelah atas Icicle Field untukmenemukan Elixer). Kalau jalan itu bercabang, ambil jalan yang kiri dan temukan Moogle. Kemudian balik lagi dan ambil jalan yang kanan. Setelah adegan yang bersuasana udara dingin, Zidane terjaga. Pastikan bahwa kamu juga sudah pulih total, lalupergilah ke ruangan berikutnya untuk bertarung dengan boss.Di sini kamu juga bakal happy karena bisa menambah karaktermu, karena Zidane menantang boss-boss itu sendirian. Kalau kamuberada di Trance selama pertarungan, hal itu malah memudahkan. Kalau kamu nggak ada di situ, kamu tetap oke selama kamudilengkapi dengan potion. Pertama-tama ambil Black Waltz, lalu konsentrasilah pada Sealion (kalau kamu pe-de, kamu bisabertahan, curilah beberapa peralatan). Setelah kamu bergabung lagi dengan kelompokmu, kembalilah ke ruangan tempat kamubertarung dengan boss lalu keluar dari Ice Cavern.
 

12. Dali
 Begitu kamu meninggalkan Ice Cavern, pergilah ke desa Dali. Ketika kamu tiba di desa itu, tinggallah di penginapan,kelompokmu akan berpencar untuk sementara waktu. Setelah kamu berhasil mengontrol Zidane, tinggalkan penginapan dancari Vivi. Setelah bicara dengannya, pergilah ke toko perlengkapan/peralatan untuk mencari putri, yang telah mengubahnamanya menjadi Dagger. Bicaralah padanya, upgrade perlengkapanmu di toko itu, kemudian balik lagi ke penginapan. Setelahbertemu dengan Dagger, teruskan pencarian Vivi. Kembali ke tempat dimana kamu pernah menemukan dia sebelumnya, cari juga pipa kecil di lantai disebelah kiri, di sebelah gedung. Lalu, masuk ke gedung kincir angin di sebelah kiri dan seorang anak yang menjaga lubang palka di kiri akan hilang. Sekarangkamu bisa masuk ke lubang itu. Setelah tiba di bawah tanah, ikuti jalan sampai kamu menemukan Vivi yang terjebak di dalam mobil. Bebaskan dia dan diaakan bergabung dengan kelompokmu lagi. Sekarang lanjutkan dengan melalui ruangan-ruangan di sebelah kanan sampai eksyennya kembali ke Steiner


13. Mountain Observatory / Cargo Ship Landing Site
Ikuti pria tua untuk turun gunung dan masuklah ke rumahnya. Bicara dengan pria tua itu, lalu pergilah ke overworld. SetelahSteiner berhasil tiba di Cargo Ship Landing Site, ia akan menemukan mobil yang memuat anggota kelompok yang lain (jangancemas, kedua pilihan yang akan kamu tawarkan memungkinkan mereka untuk melarikan diri). Setelah mereka berbincang-bincang, Black Waltz yang lain terbang dan kini saatnya bertarung lagi. Seperti biasa, curi atau serang dengan Zidane.Steiner dan Vivi harus menggunakan Sword Magic dan mantera-mantera, tapi jangan gunakan Fire (Black Waltz akanmenghukummu). Gunakan Dagger untuk memulihkan kelompokmu mantera Cure (Penyembuh)nya dapat memulihkan keadaankondisi kelompokmu kalau kau berikan pada setiap orang. Kalau Black Waltz mengambil beberapa karaktermu, cepatgunakan Phoenix Down untuk menghidupkan mereka lagi. Setelah bertarung, kamu boleh meninggalkan cargo ship (kapalpengangkut barang) atau kembali ke kota untuk penyembuhan, save, atau membeli perlengkapan atau keperluan lain sebelumkamu melanjutkan perjalanan. Kalau sudah siap, lompat lagi ke kapal.
 

14. Cargo Ship
 Maju dan naik ke dek atas kapal. Masuk ke kokpit dan setelah sederetan peristiwa kini giliran Black Waltz #3 bertarungdenganmu. Kali ini kamu bisa menggunakan magis apa aja yang kamu mau. Keluarkanserangan terbaik dari setiap karakter. Setelah FMV yang bagus, kamu akan berakhir di Lindblum.
 

15. Lindblum
 Ikuti Artania ke kanan, maka kamu akan tiba di Cid Fabul. Setelah menyaksikan peristiwa-peristiwa mengejutkan di sini, kamu akan masuk ke bar danberpura-pura jadi Zidane. Di bar ini kamu akan bertemu dengan Freya (dia belum mau bergabung denganmu). Setelah itu, kamu akan kembali ke penginapandan menelusuri kota. Di sini kamu harus membeli item, mencari harta karun, membeli perlengkapan (beli Steepled Hats sebanyak mungkin kamu akan tahusebabnya nanti. Setelah kamu berkeliling di Business Districk, pergilah ke stasiun Air Cab di seberang penginapan , lalu ke Theatre District. Dari situ, ikuti jalan sampai kamu bertemu Zidane yang lagi jalan-jalan. Cari ruangan yang di dalamnya ada item-item berguna, lalu kembali lagi ke jalan dan ke puri.Di dalam puri menujulah ke ruang Garnet, lalu ke ruang air mancur, coba gunakan lift. Kamu harus menyamar, jadi kembalilah ke kanan dan turun tanggaagar bertemu dengan penjaga yang tertidur Zidane akan menipunya, jadi kamu bisa pakai lift untuk naik ke lantai atas. Ambil gang sebelah kiri danteruskan naik tangga. Setelah FMV dan beberapa dialog, kamu akan sampai di ruang Garnet, tempat kamu akan tahu bahwa kini saatnya Festival of theHunt. Save di Moogle, lalu pergilah ke stasiun Air Cab. Kalau sudah sampai di Theatre District, batas waktu 12 menit akan dimulai. Kamu harus berburumonster sebanyak mungkin di area ini, tapi kamu harus menghindari Trick Sparrows mereka tidak memberikan banyak poin. Setelah kamu meninggalkanTheatre District, pergilah ke Business District. Cari area untuk membunuh monster, sama seperti yang kamu lakukan di Theatre District. Ketika jalanbercabang, ambil yang kiri. Sehabis meninggalkan area itu, balik lagi dan sekarang ambil jalan yang kanan supaya bisa bertarung dengan Zaghnol. Vivi danFreya ikut bertarung. Jadi, kamu sudah bisa memutuskan siapa yang bakal memenangkan kontes ini. Untuk hasil yang terbaik, biarkan Freya membunuhagar bisa menang. Dan kamu akan mendapat Coral Ring sebagai hadiahnya.Begitu Festival berakhir dan kamu sudah dapat hadiahnya, kelompokmu akan mempelajari situasi di Burmecia. Setelah berdiskusi dan mendapat hasil yangmengejutkan, Garnet dan Steiner akan pergi, sedangkan kamu akan mengambil kontrol Zidane, Freya, dan Vivi. Pastikan Freya sudah punya peralatanlengkap, lalu pergi ke lift puri yang menuju ke lantai dasar. Ambil mobil sebelah kiri untuk pergi ke Dragon Gate. Kamu harus punya cadangan item dan savedi Moogle, lalu kembali ke overworld.
 

16. Qu's Marsh
Sebelum kamu melakukan apa pun di poin ini, bergegaslah ke utara dan temukan sesuatu yang mirip hutan sebetulnya ini adalah Qu's Marsh. Dekatirawa/payau ini (kamu akan mengenalinya setelah kamu melihat dua pelajaran ATE dari Mogster) dan terus berjalan sampai kamu menemukan area dengan
dua Moogles dan rumput yang tinggi. Kalau kamu berjalan di sepanjang rumput di bagian atas layar , kamu akan menemukan beberapa jalan setapak. Ambilsalah satu dan terus berjalan sampai kamu melihat kolam dimana Quina mau menangkap katak.Bicaralah dengan Quina (anggap aja dia cewek), lalu tangkap katak untuknya. Nanti ia akan bergabung dengan kelompokmu. Kalau Quina sudah bergabung,kembalilah ke kolam dan tangkap katak lebih banyak lagi buat dia. Setelah kamu menangkap katak, guru Quinan akan menghadiahinya beberapa item dankekuatan mantera Quina's Frog Drop akan bertambah ( makan musuh katak di Qu's Marsh supaya bisa mendapatkannya). Ketika menangkap katak, pastikankamu mennyisakan satu katak jantan dan betina agar mereka tetap bisa berkembang biak nantinya. Juga ingat-ingat kalau Golden Frog bertelur dengancepat. Biarkan mereka sendiri.

17. Gizamaluke's Grotto
 
Setelah meninggalkan rawa, tambahkan karaktermu dan pelajari kemampuan baru. Kalau sudah siap, pergilah ke timur laut ke Gizamaluke's Grotto. Setibadi sana kamu harus bertarung dengan sederetan ilmu hitam kamu akan mendapat Gizamaluke Bell setelah kamu berhasil menaklukkan penyihir hitam itu.Kamu cuma boleh menggunakan setiap bel/lonceng sekali aja untuk membuka salah satu pintu. Di belakang setiap pintu akan kamu temukan jalan untukmendapatkan bel yang lain.Setelah kamu melewati salah satu pintu di ruang utama, kamu akan tiba di ruangan yang di dalamnya ada bel besar dan Moogle. Bicaralah pada Moogle danberikan Vivi's Kupo Nut untuk membebaskan Moogle lain yang terperangkap di bawah bel ini juga bisa membuka peti dengan Gizamaluke's Bell yang lain.Ambil bel dan lewati pintu di sebelah kanan ruangan. Di sini ada Moogle yang di-save dan tanaman anggur yang merambat keluar. Saat ini jangan buangtanaman itu, kecuali kalau kamu ingin mati di tangan monster itu. Sebaiknya kembalilah ke ruangan sebelumnya (kamu akan menerima bel lain saat berjalankeluar) dan pastikan kelompokmu siap bertarung dengan boss, lalu ambil pintu kiri.Setelah kamu bicara dengan prajurit yang terluka, kamu harus melawan Gizamaluke. Metode pertarungan ini standar aja. Zidane harus menyerang ataumencuri . Freya dan Quina juga harus menyerang, sedangkan Vivi menggunakan magis Fire atau Thunder. Jaga agar poin pukulan setiap orang tetap penuhdengan potion, maka pertarungan akan lebih mudah. Setelah bertarung kelompokmu akan pergi dari Grotto . Eksyen akan kembali ke Dagger dan Steiner.
 

18. South Gate
 
Setelah menipu penjaga, kamu bisa masuk ke South Gate. Bicaralah dengan cowok yang sedang memperbaiki gerbang (jangan bunuh dia), lalu bilang padabos-nya yang ada di kanan layar kalo pekerjanya itu lamban. Lalu bicara dengan cowok di atas layar dan hibur istrinya. Setelah dari pantai, pergilah kelembah, ambil tiket dari penjaga, lalu kembali ke lembah lagi. Setelah Dagger keluar dari tas, lanjut ke area berikutnya. Di sini kamu bisa membeli item dansave game-mu. Kalau sudah siap, naik kereta api.
 

19. Burmecia
 
Kembali ke Gizamaluke's Grotto, kamu akan mengambil kontrol kelompok lain. Setiba di overworld, menujulah ke utara sampai kamu ketemu area yang turunhujan. Di sinilah kamu menemukan kerajaan Burmecia. Terus jalan sampai kamu melihat gedung luas dengan banyak pintu. Kamu akan menemukan lebihbanyak penyihir hitam lagi, lawan mereka, lalu lewati setiap pintu untuk mencari gedung. Ketika kamu berada di lantai tiga, kamu akan melihat papan kayu yang melintang di antara dua jalan. Kalau kamu menyeberangi papan itu, ia akan terjatuh. Jadi, kalau kamu mau petinya dulu, ambillah, lalu lari karena papanitu akan jatuh ke level bawah. Balik lagi ke lantai dua dan gunakan papan itu lagi untuk menyeberang di sisi lain. Teruskan sampai kamu tiba di balkon.Lompat ke sisi lain, lalu bicara dengan prajurit yang terluka. Cari bel di tempat tidur, lalu balik lagi ke pintu besar yang sebelumnya nggak bisa kamu buka.Gunakan bel untuk membuka pintu itu.Bergegaslah ke tangga, lalu setelah ada adegan di sana, kamu akan tiba di area dengan sebuah gedung yang berpintu besar. Masuklah ke gedung itu, lalukeluar lagi dan naik tangga. Kamu akan sampai di halaman gedung yang dikelilingi tembok dan dilengkapi dengan dua pintu dan satu jalan setapak ditengahnya. Ambil pintu yang kanan untuk poin yang di-save dan kesempatan untuk membeli beberapa perlengkapan oke dari Moogle. Kemudian mundur danambil pintu kiri untuk mendapatkan Mythril Spear buat Freya. Setelah itu ambil jalan yang berada di antara dua pintu. Setelah kamu menyenangkan hatiFreya, ia akan melompati dinding dan masuk ke puri. Ikuti dia dan kamu akan menyaksikan peristiwa yang mengejutkan.Sekarang giliranmu bertarungdengan Beatrix. Hati-hati, dia bisa membunuhmu. Terus serang dia dan pulihkan dirimu dengan Phoenix Downs dan Potions sampai dia menggunakan StockBreak dan mengambil satu HP setiap orang. Pertarungan ini berakhir dalam disc satu.

TO BE CONTINUE (DISK 2)

Terkait

Description: Walktrough Bahasa Indonesia : Final Fantasy IX (Disk 1) Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Walktrough Bahasa Indonesia : Final Fantasy IX (Disk 1)
Al
Mbah Qopet Updated at: 09.41

0 komentar:

Poskan Komentar