Jumat, 05 April 2013

Tips Game Dota



Tips permainan ini ditujukan bagi para pemain yang sedang belajar atau orang-orang yang ingin mencoba memainkan game Dota allstars, agar tidak sia - sia menghabiskan waktunya bermain tanpa bisa membunuh musuhnya atau kurang skill atau kurang bisa bermain dengan tim.

Adanya tips ini diharapkan para pemain bisa mengambil keuntungan dari membaca panduan ini dan mengembangkan skill mereka dalam permainan ini sehingga mereka tidak dijuluki “NOOB” dalam permainan game Dota Allstars.

Personal equipment
1.    PC 
Gunakan PC yang sesuai, lebih cocok yang memakai dengan spesifikasi minimal Pentium 4 atau di atasnya. Waktu loading yang lama biasanya membuat pemain lain menjadi kesal dan keluar dari permainan karena waktu loading pemain lain yang sangat lama.
2.    Koneksi Online 
Gunakan minimal sambungan ADSL broadband, semakin cepat semakin baik. Jangan pernah menggunakan sambungan nirkabel. Sambungkan jika menggunakan Router, setidaknya saat bermain Dota. Sambungan nirkabel biasanya tidak memiliki koneksi yang stabil. Dan teman-teman tim akan membunuh pemain satu tim jika pemain tersebut keluar di saat permainan sedang berlangsung. Terutama jika kondisi sedang menang.
3.    Software 
Jika bermain menggunakan Lancraft, download Zion atau sebaliknya. Ini bisa menjadi backup yang baik jika salah satunya gagal dan teman setim tidak sabar menunggu pemain lain untuk masuk ke dalam permainan lagi.

HERO
Dalam permainan Dota diwajibkan memilih satu karakter HERO (dimana ada mode yang membuat bisa own pick atau random hero). Hero tersebut dapat dipilih di tavern yang tersedia. Total ada 8 tavern 4 di scourge dan 4 di sentinel . Setiap Hero tersebut mempunya skill masing-masing dan kemampuan yang berbeda - beda pula. Hero akan muncul pertama sekali di fountain, disini hero bisa memulihkan HP dan MP secara cepat.

Hero dibuat peringkat berdasarkan level. Ketika naik satu level, hero menerima atribut bonus dan satu skill point untuk dibelanjakan dalam mempelajari atau meng-upgrade skill yang sudah ada. Secara umum perkembangan hero ditentukan oleh level dan item. Hero bisa naik level waktu permainan dengan mendapatkan experience. Experience bisa diperoleh dengan membunuh creeps, yang dikenal dengan istilah creeping atau farming dan dengan membunuh hero lawan yang dikenal dengan istilah pawning yang mengakibatkan hero mendapatkan lebih banyak experience points. Creep ini muncul dalam tiap rentang waktu tertentu, bergerak sesuai dengan jalurnya, tidak bisa dikontrol dan akan memukul unit lawan (creep, hero ataupun bangunan).

Creep netral dengan kesulitan bervariasi ada di seluruh peta atau map, dan mereka juga bisa dibunuh untuk memperoleh experience dan emas (gold). Creep netral tidak diprogram untuk melakukan apa-apa kecuali bertempur dengan karakter yang permainan dekat, karena mereka ada untuk dibunuh untuk mendapatkan experience dan emas (gold). Creep netral ini bervariasi dalam kekuatan dari yang sangat lemah ( creep level satu), sampai yg sangat kuat dimana satu tim penuh hero dengan pangkat tinggi yang diperlukan untuk bertarung untuk menang (misalnya Roshan, di DotA Allstars). Selanjutnya semua tergantung pemain dalam meningkatkan level hero, meramu item yang pas (pertama kali akan diberikan sejumlah gold untuk membeli sejumlah item. Level dan gold akan dapat ditingkatkan dengan cara membunuh creep musuh dan hero musuh.

Hero secara keseluruhan berkembang secara luar biasa. Tiap-tiap hero mempunyai tugas - tugas khusus dan spesifikasi tertentu. Semakin tinggi level dan semakin bagus item hero, maka hero akan menjadi semakin kuat dan kemungkinan menangnya akan semakin besar. Khusus untuk item, bisa dibeli di shop, tempatnya shop ada disekitar fountain, hanya perlu klik kiri di bangunan-banguan sekitar fountain, dan ada 4 black market, tempat rahasia di tengah-tengah hutan dan di pinggir - pinggir map sebelah kiri dan kanan. 

Item Hero
Item ada dua macam, yaitu item resep dan item biasa. Item biasa adalah item yang langsung bisa dibeli di shop, sedangkan item resep adalah item baru yang merupakan kombinasi dari item-item yang hasil pembelian langsung. Adapun resep dan bahannya bisa dilihat di shop di dekat fountain. Item resep terbagi dalam 5 kelas. Level 1-4 dan level yang tidak terdefinisi dengan jelas (unclasified). semakin tinggi levelnya, semakin dahsyat damagenya dan semakin mahal itemnya.

Jenis – Jenis Item
item dota
·         Aegis of the Immortal – Tameng yang menurut legenda dulu digunakan oleh Zeus, Dewa Yunani.
·         Aghanim’s Scepter – Aghanim adalah nama boss terakhir di beberapa game Zelda.
Buriza-Do Kanyon – Item dari game Diablo II.
·         Dagon – Dewa Semitic.
·         Eul’s Scepter of Divinity – Sebagai penghormatan kepada pembuat DotA yang pertama kali (Eul). Sedangkan Guinsoo’s Scythe of Vyse mengikuti tradisi ini dan merupakan item untuk mengenang perintis map DotA Allstars (Guinsoo).
·         Eye of Skadi – Skadi adalah istri dari Van god Njord dalam mitology Norse. Dia adalah dewi salju, dan untuk menghormatinya, item ini membuat hero dapat memperlambat gerakan musuh pada setiap serangannya (Frost Attack).
·         Lothar’s Edge – Sebagai penghormatan kepada Sir Anduin Lothar, Ksatria dari Azeroth yang memenangkan First War (dalam Warcraft & Warcraft II).
·         Necronomicon – Buku fiksi tentang sihir yang ditulis oleh H. P. Lovecraft.
·         Nethrezim Buckler – Nathrezim atau Dreadlords adalah salah satu ras dalam lingkup game Warcraft.
·         Stygian Desolator – Senjata dari game Anarchy Online.
·         Heart of Tarrasque – Mahluk mistik yang menyerupai naga, singa, dan kalajengking. Juga merupakan salah satu boss dari game Starcraft.
·         Yasha – Sejenis setan dalam mitologi Indian.

Atribut Hero
Hero mempunyai tiga statistik utama, yang dikenal sebagai atribut (Kekuatan atau Strength, Kecerdasan atau Intelligence, Kelincahan atau Agility) dengan setiap hero memiliki satu Atribut Pokok. Atribut Pokok bisa ditentukan berdasarkan icon yang tampak di status panel, sebagai contoh Strength digambarkan dengan icon kepalan tangan ataufist, Agility dengan kaki dan intelligence dengan pikiran atau mind.

Menambah Atribut Pokok seorang hero bisa menambah damage. Sebagai tambahan, menambah atribut hero bisa mempertinggi statistik yang bersangkutan.
a.    Strength mempertinggi hit points dan regenerasi hitpoint. 1 Strength point = 19 HP, 1 Strength Point = 0.03 HP/detik tambahan regenerasi.
b.    Agility mempertinggi kecepatan serangan/attack speed dan rating armor. 7 Agility Points = 1 armor, 1 Agility Point = 1% IAS (Increased Attack Speed/ penambahan kecepatan serangan).
c.     Intelligence mempertinggi mana points dan regenerasi mana. 1 Intelligence Point = 13 MP, 1 Intelligence Point = 0.04 MP/detik tambahan regenar.

Statistik Hero
Hero juga memiliki sejumlah variasi statistik yang bisa diubah dengan mewarisi skill, pembelian item atau perubahan atribut, yaitu :
a.    Attack Damage – Mengindikasikan berapa serangan hero dikurangi dari hit point penerima. Menambah Atribut Pokok hero bisa menambah attack damage, sehingga setiap penambahan satu poin di Atribut Pokok menambah attack damage dengan satu point.
b.    Attack Speed – Menentukan seberapa cepat hero memakai serangannya. Hero yang mempunyai attack speed dua kali lipat dari hero lain akan menyerang dua kali lebih banyak dalam sejumlah waktu tertentu. Attack speed ditentukan oleh base speed untuk masing- masing hero, dan ditambah oleh agility. 1 Agility point = 1% IAS.
c.     Hit Points – Merepresentasikan berapa damage seorang hero bisa menyerap sebelum hero tersebut terbunuh. Hit points regenerasi seiring waktu sampai nomor maksimal. Nomor maksimal hit points seorang hero miliki dan kecepatan regenerasinya adalah fungsi dari atribut strength hero. Hero dengan strength lebih tinggi mempunyai nomor maksimal yang lebih tinggi untuk hit points dan regenerasinya lebih cepat. Hit points diindikasikan oleh angka current dan maximum.
d.    Mana Points – Mana points seorang hero adalah sejumlah energi hero memiliki untuk mempergunakan kemampuan (abilities) atau cast spell. Kebanyakan (tapi tidak semua) kemampuan mempergunakan mana. Mana juga regenarasi seiring dengan waktu. Jumlah maksimal mana dan kecepatan regenerasi mana adalah fungsi dari kecerdasan (intelligence) hero. Mana points diindikasikan oleh angka current dan maximum.
e.    Armor Rating – Armor rating hero adalah berapa damage fisik ke hero dikurangi, dimana damage fisik tidak termasuk damage dari spell, namun demikian damage magic yang dilakukan ke seorang hero dikurangi 25% (yang bisa ditumpukkan yang berkurang dengan item dan skill tertentu). Jumlah damage fisik yang dikurangi oleh armor dilihat sebagai persentase dan akan mempunyai hitungan yang berkurang saat armor count naik.
f.      Movement Speed – Menentukan berapa cepat hero berjalan untuk jarak tertentu, tidak termasuk efek dari spells. Movement speed adalah base value kira- kira 300, yang berbeda dari hero ke hero, tapi bisa dimodifikasi dengan kemampuan atau item. Akan tetapi ada batasan kira- kira 522 untuk movement speed yang tidak bisa dilewati, walaupun kebanyakan hero tidak akan mencapai batasan ini. (Beberapa hero bisa mencapai movement speed ini tanpa Rune haste, yakni Balanar the Night Stalker yang mempunyai tambahan pasif berlari waktu malam, Slardar the Slithereen Guard dengan kemampuan/ability Sprint-nya, Barathrum the Spirit Breaker dengan kemampuan Charge of Darkness, Strygwyr the Blood Seeker yang dengan gampang mencapai 522 dengan kempampuan Strygwyr’s Thirst, Anub’seran the Nerubian Weaver dengan kemampuan Shukuchi, dan Banehallow the Lycanthrope waktu dalam Shapeshift-nya.

Pemilihan Hero 
Pada dasarnya ada beberapa jenis hero dan beberapa lebih mudah digunakan daripada hero lainnya. Beberapa hero lebih mudah digunakan tetapi lemah atau ada juga hero lebih susah digunakan, tetapi lebih kuat. Beikut ini macam – macam Hero berdasarkan klasifikasinya :
1.    Ranged 
Hero ini menembak dari jarak jauh dan maka dari itu lebih mudah untk digunakan oleh para pemula.
2.    Melee 
Hero-hero yang lebih kuat terdapat pada kategori ini, tetapi memainkannya lebih sulit digunakan karena gaya bertarung mereka yang mengandalkan jarak dekat. Sehingga mereka sangat rentan terhadap serangan musuh.
3.    Agility 
Hero ini merupakan kategori terlemah pada awal-awal permainan. Mereka memiliki HP yang rendah dan damage yang sangat kecil. Mereka biasanya dijadikan target utama hero musuh pada awal-awal permainan. Mereka baru bisa berkembang di akhir-akhir permainan dan menjadi semakin berbahaya. Hero yang memiliki status melee agility dan dimainkan para pemain biasanya menjadi incaran para hero musuh.
4.    Intelligence
Hero ini merupakan pembunuh yang dapat digunakan pada awal-awal permainan. Dilengkapi dengan sihir yang mematikan mulai dari awal. Hero ini bisa membunuh hero-hero musuh pada awal permainan untuk mengimbangi kelemahan mereka dalam bermain lama. Kecepatan yang lambat dan HP yang rendah membuat mereka sangat rapuh. Akan tetapi biasanya hero Intelligence memiliki serangan jarak jauh.
5.    Strengh 
Hero jenis ini juga bisa berkembang pada akhir-akhir permainan. Mereka memiliki HP yang banyak dan tingkat damage yang sangat besar. Kelemahannya adalah, mereka bisanya penyerang jarak dekat.

Ada beberapa jenis cara bermain yang bisa disesuaikan dengan jenis heroyang dipunyai, antara lain :
a.    Pusher/Tanker 
Hero yang bisa melakukan ini teknik ini harus hero yang bisa menerobos ke depan dan menghadapi creeps tanpa resiko mati. Jenis bermain seperti ini membutuhkan hero yang memiliki HP banyak, cara hunting yang baik dan tingkat recovery HP yang tinggi dan cepat.
b.    Hero Killer 
Hero yang dipakai harus mempunyai perlengkapan dengan physical dan magic damage yang besar. Ini adalah jenis hero yang bisa tiba-tiba muncul dibelakang pemain lawan dan mengenainya dengan pukulan kritikalnya. Biasanya dijuluki dengan assassins. Cara bermain seperti ini memerlukan keseriusan dalam menaikkan tingkat damage, penepatan hero yang baik dan pergerakan hero yang baik.
c.     Support
Hero jenis ini termasuk hero yang cukup berguna, karena bisa membantu dalam mendorong pasukan atau memberikan suport pada hero lain. Bahkan dapat membunuh hero musuh. Hero ini biasanya memiliki skill stun, disabling atau area attack.

Macam – Macam Karakter Hero
1.    Akasha
Salah satu dari 5 element dari kepercayaan Hindu yang merupakan nama karakter Queen of the Damned dari buku yang ditulis oleh Anne Rice.Atropos. Salah satu dari 3 takdir dalam mitologi Yunani, yang menurut legenda berarti memotong benang kehidupan. Hal ini diwakili dalam game dengan ultimate Fiend’s Grip yang akan menguras darah musuhnya.
2.    Azwraith
Hero ini menggunakan model atau icon berdasarkan dari karakter Kimhari dalam game Final Fantasy.
3.    Furion
Pemimpin dari Night Elves yang menguasai alam dari game Warcraft III.
4.    Bradwarden
Karakter centaur dari buku The Demon Awaken yang ditulis oleh R.A. Salvatore.
5.    Juggernaut
Ultimate hero ini merupakan turunan dari omnislashnya Cloud Strife dalam game Final Fantasy VII.
6.    Lina Inverse
Nama karakternya berasal dari Slayers, sebuah manga dan anime yang cukup terkenal.
7.    Kel’Thuzad
Murid dari Lich King dari game Warcraft III.
8.    King Leoric
Namanya berasal dari karakter di Diablo yang anaknya dirasuki setan.
9.    Krobelus
Karakter dalam game Summoner 2.
10.           Leviathan
Hero yang keliatan seperti raksasa laut. Namanya berasal dari mahluk laut yang cukup melegenda.
11.           Lucifer
lucifer
 Malaikat yang jatuh dalam dosa (setan) dalam tradisi Kristiani.
12.    Leshrac (the Malicious)
Karakter dalam game Magic the Gathering.
13.    Magnus
Seorang fisikawan German, Heinrich Magnus, yang menulis tentang fenomena efek Magnus. Sedangkan hero ini memiliki ultimate Reverse Polarity yang mirip dengan apa yang terjadi dalam efek Magnus.
14.    Medusa
Monster dalam mitologi Yunani yang pandangannya dapat merubah orang menjadi batu. Hal ini diwakili dalam game dengan ultimate Purge yang dapat sangat memperlambat gerakan musuhnya, meskipun tidak sampai merubah mereka menjadi batu.
15.    Morphling
Shapeshifter dari game Wizards of the Coast’s Magic the Gathering, yang juga ahli dalam merubah-rubah statsnya.
16.    Naga Siren
Merupakan mahluk dari mitologi Yunani, dimana siren (setengah manusia, setengah mahluk laut) mempengaruhi para pelaut agar datang ke pulau mereka. Dalam game, ultimate hero ini, Song of the Siren menyebabkan sekelompok musuh tidur selama beberapa waktu.
17.    Rikimaru
Ninja dalam game Tenchu: The Stealth Assassins.
18.    Zeus
Dewa petir dan juga pemimpin para dewa dalam mitologi Yunani.

Beberapa tip dan trik item yang harus dibeli untuk membentuk hero yang bermacam-macam sesuai keinginan
1.    Membeli item yang menambah statistik
·         Menambah poin pada strengh otomatis akan menambah jumlah HP hero. Jika heronya merupakan hero yang berdasarkan kepada strength akan memberikan tambahan pada damage. Menambah poin agility pada hero akan menambahkan jumlah armornya dan jika heronya merupakan hero Agility, maka damage-nya pun akan bertambah. Begitu juga jika menambahkan intelligence pada hero maka menambah jumlah mananya dan jika heronya merupakan jenis hero Intelligence akan menambah damage-nya.
·         Jika memainkan hero yang memiliki HP kecil pada awalnya, mungkin lebih baik jika membeli item yang dapat menambah statistik heronya. Contohnya braceruntuk hero Strengh, nulltalisman untuk hero Intelligence dan wraith bands untuk hero Agility. Yang terbaik adalah menambahkan item ultimate orb.

2.    Membeli item yang menambah damage
·         Banyak item yang hanya menambahkan damage tanpa menambahkan statistik hero, dan harus berhati-hati saat membeli item seperti ini. Ketika seorang pemain menambahkan item pada hero ada baiknya jika mencoba menyeimbangkan antara damage dan statistik daripada membentuk hero yang hanya memperhatikan salah satu antara HP atau damage. Contohnnya bila membentuk hero dengan damage 50 tapi HP tetap pada rata-rata 900, maka dapat dipastikan hero tersebut dengan mudah dapat dibunuh.
·         Akan tetapi jika mempergunakan hero assassin, maka bisa mencoba cara dengan menambahkan damage terus menerus. Misalnya dengan lebih memilih membeli sacred relic daripada messerschmidt’s reaver.
3.    Membeli item yang meningkatkan HP atau mana regenerasi
·         Bila seorang pemain membeli ring of regenerations atau sobi mask lebih dari 4 atau 5, itu merupakan langkah yang tidak berguna. Memang Item ini bagus, tetapi dalam permainan DOTA, ada yang dinamakan titik efisiensi. Terlalu banyak terkadang membuat tidak efisien. Membelanjakan uang untuk regenerasi HP  atau mana jika tidak mempunyai HP dan damage yang cukup untuk membunuh musuh merupakan langkah sia – sia. Selalu beri keseimbangan dalam membentuk hero.
·         Bahkan akan berlebihan jika beberapa basic item dapat digabungkan dengan basic item lainnya untuk membuat suatu item yang lebih baik. Mengapa tidak mencoba menggabungkan ring of health dengan void stone untuk membuatperseverance? Cara ini lebih efektif untuk meng-equip hero dibandingkan dengan memenuhinya dengan basic item.
4.    Membeli item yang memberi efek vampiric aura
·         Jangan sampai membeli 3 sampai 4 mask of death dan helm of dominators. Tidak berarti jika membeli 3 sampai 4 item yang sama akan meningkatkan efektifitas hero dengan vampiric aura.
·         Bila mempergunakan hero Intelligence, ada baiknya tidak membuang-buang uang untuk membeli item yang memiliki vampiric aura. Pertama-tama langkah terbaik lebih mengandalkan magic jarak jauh karena mungkin memakai hero range, dengan demikian akan jarang terlibat kontak langsung dengan creep. Kedua, serangan mungkin terlalu lambat sehingga membuat vampiric aura menjadi sangat tidak efektif.
·         Item ini lebih baik digunakan oleh hero Melee atau hero Agility yang memiliki serangan dengan kecepatan tinggi
5.    Membeli item yang memberi aura
Beberapa aura tidak bisa digunakan secara bersamaan. Contohnya Corruptionaura dariStygian Desolator dengan vampiric aura dari Helm of Dominators. Kamu hanya bisa memakai satu aura walaupun kamu membeli keduanya.
6.    Membeli item yang memberi efek stun atau bash
·         Hal ini hampir sama dengan penjelasan mengenai vampiric aura. Sebagai contohnya adalah Cranium Basher.
·         Item ini memberikan kesempatan untuk mengeluarkan efek stun atau bash pada pukulan dengan persentase tertentu. Tapi jenis hero memiliki kecepatan pukulan 1/detik, lebih baik beli  item lain, karena kesempatan baik mendapatan efek ini sangat ditentukan dari kecepatan memukul. Semakin banyak pukulan yang keluar dengan waktu yang cepat akan lebih baik karena efek ini bisa lebih sering keluar. Item ini lebih cocok digunakan oleh hero Agility yang memiliki kecepatan tinggi dalam pukulan atau hero Melee yang memiliki item penambah kecepatan pukulannya. Sebagai contohnya adalah Bone Fletcher.
7.    Membeli item yang dengan kemampuan lebih tinggi
·         Ini merupakan sangat penting, ketika memutuskan untuk membeli item dengan kemampuan yang lebih tinggi, pilihlah dengan bijaksana. Pada awal permainan jangan langsung menabung untuk membeli item yang mahal atau berkemampuan tinggi seperti Butterfly. Sebaiknya membeli item yang bisa meningkatkan statistik hero perlahan dan selanjutnya terus mengumpulkan untuk item yang lebih baik.
·         Bayangkan skenario seperti ini: dalam permainan 1vs1, hero dan hero musuh memiliki kemampuan damage poin 1. lalu ada 2 jenis item, yaitu item level 4 seharga 1000 gold dengan efek 100 damage dan ada item level 2 dengan efek 10 damage seharga 100 gold. Lalu salah satu pemain menabung untuk membeli item level 4, sedangkan musuh membeli item level 2. pada saat uang sudah mencapai 999 gold, hero masih memiliki 1 damage poin, sementara hero musuh mungkin sudah memiliki 91 poin damage. Saat bertemu, kira-kira mana yang akan lebih sering terbunuh?
·         Sangat beresiko menabung untuk item yang harganya sangat mahal, seperti seharga 3000 gold atau lebih. Apalagi pada awal-awal permainan.
·         Jika ingin memakai Butterfly, perhitungkan resepnya:, Butterfly Scroll (1400),Eaglehorn (3450), dan Quaterstaff (1150). Sekarang bagaimana urutan membelinya? Jika berpikir untuk membeli Scroll Butterfly terlebih dahulu, berarti benar-benar tidak memperhatikan petunjuk-petunjuk sebelumnya. Atau jika terus menabung untuk membeli Eaglehorn terlebih dahulu, artinya juga terlalu percaya diri. Urutan terbaiknya adalah membeli Quaterstaff dahulu, Eaglehorn baru membeli Butterfly Scroll.

8.    Tips dasar membeli item
·         Lihat apa skill hero yang digunakan. Jangan membeli item yang mempunyai bonus skill sama dengan hero. Contohnya Naix dilengkapi dengan mask of deathsama dengan sia-sia. Atau split arrow milik Medusa ditambah dengan membelibattle fury. Karena hanya akan membuang-buang uang.
·         Tentukan strategi sejak awal bermain. Tentukan tahapan pembelian item dan ikuti terus. Belilah item karena itu berguna, bukan karena terlihat keren dan bagus.

Terkait

Description: Tips Game Dota Rating: 4.5 Reviewer: ConnectPlus ItemReviewed: Tips Game Dota
Al
Mbah Qopet Updated at: 09.22

0 komentar:

Poskan Komentar