Rabu, 02 Mei 2012

5 cara membuat paragraf pembuka



 Postingan kali ini saya akan share info /tips untuk menambah wawasan tentang ilmu Blogg anda.
Paragraf pembuka cukup penting dalam menarik minat pembaca supaya mereka lebih nyaman ketika membaca postingan blogg anda. Apa jadinya kalau paragraf pembuka saja tidak karuan, pasti pembaca berpikir buruk tentang anda. Sama hal nya dengan membuat surat lamaran kerja, jika paragraf pembuka saja tidak karuan, pasti berpeluang besar untuk di tolak.




1. Ajukan Pertanyaan
Membuka postingan Anda dengan pertanyaan adalah sebuah sarana Anda untuk bercakap-cakap dengan pembaca. Dengan bercakap-cakap ini berarti terjadi komunikasi dua arah yaitu antara Anda dengan pembaca.

2. Sajikan anekdot atau kutipan
Anekdot adalah cerita lucu yang membuat pembaca tertawa, dan memancing mereka untuk segera tahu apa poin utama tulisan Anda. Sementara itu, kutipan dari seorang pakar atau orang terkenal merupakan sebuah bukti (umpan) yang akurat.

3. Buka pikiran atau ingatan pembaca
Membuka pikiran (ingatan) pembaca adalah teknik pembukaan yang ampuh. Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan kata-kata seperti Bayangkan…, Apa jadinya…, Apakah anda ingat ketika…, dan sebagainya.

4. Gunakan perumpamaan (analogi)
Mengumpamakan hal penting dengan sesuatu yang nyata di kehidupan sehari-hari akan memudahkan membaca mencerna apa poin utama postingan Anda.

5. Tampilkan data yang mengejutkan
Membuka paragraf dengan data yang mengejutkan (misalnya Anda memperoleh page rank 6 dalam 2 bulan) merupakan teknik yang luar biasa. Sepanjang data itu relevan dan tidak bohong, pembaca akan tertarik dan menyukainya karena salah satu kebutuhan penting blogger adalah page rank blognya yang tinggi.
Dari kelima cara itu, Anda bisa memilih salah satunya atau menggabungkan beberapa cara itu dalam membuat paragraf pembuka postingan Anda. Sebagai pertanyaan penutup, dari kelima cara yang telah saya paparkan, cara mana yang tidak ada dalam paragraf pembuka postingan ini?

Nah.. demikian tips blogg kali ini , Semoga bermanfaat dan dapat menambah ilmu anda tentang blogg.

Terkait

Description: 5 cara membuat paragraf pembuka Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: 5 cara membuat paragraf pembuka
Al
Mbah Qopet Updated at: 09.21

0 komentar:

Poskan Komentar