Jumat, 07 Desember 2012

Walktrough The Legend Of Dragon - DISK 4 (Bahasa Indonesia)



DISK EMPAT 
MOON AND FATE
Bab 32
Ingat.... Jalan Di Gurun

Dalam perjalanan kamu menempuh Death Frontier (batas kematian) menuju kota Wingly (manusia bersayap) Ulara, jalan menuju bagian pertama dari padang pasir yang ada di sebelah kanan ketika kamu mencapai sudut bagian bawah sebelah kanan (jika kamu terperosok kedalam pusaran pasir, kamu akan jatuh ke goa bawah tanah dekat dimana kamu pertama masuk padang pasir). Ketika di bagian yang kedua dari Death Frontier (ada sebuah save point dan kolam penyembuh dapat kamu temukan di sebelah kanan pertama daerah berpasir dan di pusat daerah bagian atas), jalan ke atas dari daerah pusat bagian atas untuk keluar menuju World Map.

Bab 33
Manusia Bersayap

Gunakan piringan Warp untuk menelusuri bagian yang berbaha-ya di utara untuk dapat masuk ke kota. Selanjutnya, cari Charle di dalam ruangannya dan tanyakan padanya tentang semua infor-masi yang dia tawarkan. Setelah mendengar bahwa kamu harus mencari 3 buah Signet Spheres di dalam kota Magic Aglis, kota hukum Zenebatos, dan kota kematian Mayfil, jalan berkeliling di sekitar utara untuk mencari anggota party kamu, kamu akan menemukan mereka di lokasi sebagai berikut:

Rose di luar ruangan Charle, Albert dan Kongol di toko sen-jata, Hascel dan Miranda berada di bar (toko minuman) dan Meru berada di pintu masuk piringan Warp (pastikan untuk membeli apa yang kamu butuhkan di toko sebelum menemukan Meru). Setelah kamu mengatur dan memasang kembali anggota party kamu, Caron memberita-hukan kepada kamu untuk kembali kepadanya besok pagi. Sementara itu Caron mengirim kamu menuju ke rumah para raksasa (home of Gigantos) agar kamu dapat melanjutkan perja-lanan menuju Flatz.

Bab 34
Kota Di Tepi Pantai

Di kota Fletz, temui King Zior (raja Zior) di Twin Castle, kemudian naik ke kapal Queen Fury di pela-buhan baru di bawah istana (masuki pintu di hall pintu masuk istana) dan bersiap untuk berla-yar menuju Rouge, kampung halaman Haschel.

Ketika sudah berlabuh di Rouge, bicara pada mayor di markasnya. Kamu dapat mene-mukan martel di ruang belakang, jika kamu memberikan 50 Star-dust, dia akan memberikan kamu Vanishing Stone. Kemudian ke luar dari tempat tersebut menuju bukit tidak jauh dari tempat tersebut. Setelah melihat menara yang baru akan dituju yaitu kota magic Aglis dari bukit, mulai kembali ke perkampungan. Keti-ka melihat laut terpisah, kembali ke pelabuhan Rouge dan pergi menuju Aglis.

Bab 35
Kekuatan dari Sebuah Keberanian

Setelah memasuki Aglis, gu-nakan piringan warp untuk men-capai atap, komite penyambutan selamat datang. Dari sana, lanjutkan ke depan dengan menggunakan piringan warp sampai kamu mencapai ruang cermin. Bicara pada Spino lalu lanjutkan menuju ruang Savan. Katakan pada Savan bahwa kamu sudah siap untuk diuji keberanian kamu, lalu maju ke daerah ruang tantangan untuk bersiap menjalani test. Bicara pada Savan lagi untuk memulai test.

Pada test ini, jawab pertanya-an yang diajukan seperti sebagai berikut (bicara pada Savan setiap kali selesai melakukan test untuk melanjutkan yang berikutnya):
Kongol: "Take Doel sword".
Miranda: pertanyaan pertama jawab yang mana saja, untuk pertanyaan kedua jawab "I can not die now".
Albert: "I... cannot do that".
Meru: "I still cannot die!".
Haschel: "I couldn't stop her".
Rose: Rose tidak ditanyakan.
Dart: "I will save Shana no matter what".

Setelah test selesai, kejar dan ikuti Savan beberapa ruangan dari situ untuk menerima bom Psychedelic. Ikuti Savan (dia akan muncul di suatu tempat di sepanjang jalan ke depan) ke ruang Signet dan mulailah konfontasi kamu dengan Kraken yang terakhir.

Dengan elemen water, Kraken akan mudah diserang oleh Dragoon Magic milik Dart, setelah merasa kalah Kraken akan memanggil dua kawannya. Mereka semua harus dikalahkan untuk mengakhiri pertempuran. Setelah mengalahkan Kraken, tinggalkan Aglis dengan melalui piringan warp melewati pintu di sebelah kiri ruangan tempat kamu pertama kali berrtemu Ruff.

Bab 36
Saya adalah Hukum

Piringan warp membawamu ke kota hukum Zenebatoz, saat kamu bertemu Coolon. Coolon adalah makhluk yang bisa ter-bang yang akan bertindak seba-gai pesawat yang akan mengan-tarkan kamu ke mana saja kamu inginkan. Serta memungkinkan kamu untuk mencapai sembilan lokasi dengan cepat.

Mulai dengan berbicara pada pemandu Lapto 00 di atap ruang piringan warp kota Aglis. Setelah mendengar isi artikel (hukum) 703, lihat pemandu Lapto 04 di pojok dan naik ke piringan ter-bang yang menuju pusat daerah Legislation. Di Legislation dan area berikutnya, kamu akan menemukan jalan yang rumit dan piringan warp yang dijaga oleh penjaga yang selalu berpatroli. Tujuannya adalah untuk menca-pai piringan warp berikutnya yang menuju ke daerah yang dituju. Jika tertangkap oleh salah seo-rang penjaga kamu akan dipenja-rakan, kamu harus mengulangi perjalanan kamu dari awal.

Setelah sampai di pusat legislation, masuk dalam antrian bersama lapto yang lainnya (jangan menerobos antrian, karena kamu akan kehilangan giliran), ketika sudah giliran kamu, jalan ke tengah-tengah untuk bicara. Katakan pada dewan Le-gislation para Lapto bahwa kamu ingin meminta revisi hukum (jawab "no" jika dia menanyakan "do you wish to submit a bill"). Ketika ditanyakan nomor hukum yang ingin direvisi, masukan 703.

Dengan hukum yang sudah kamu revisi, kamu mendapatkan Law Production License (izin memproduksi Hukum)dan kamu harus membawanya ke Law Factory (pabrik Hukum).

Di dalam Law Factory, berikan Law Production License kepada Lapto 64 dan kamu akan mendapatkan Law Launcing License. Kemudian bawa license ini ke bagian Law Launcer untuk disetujui. Setelah menaiki piringan terbang menuju Law Launcer, bicara pada Lapto 17 untuk menyelesaikan proses amandemen hukum. Setelah selesai, kembali menuju Lapto 00 (pemandu) di atap ruang piringan Warp Aglis dan gunakan piringan terbang untuk mencapai Great Court. Di dalam, kamu akan diberikan kalimat mematikan oleh hakim Nomos, dan kamu harus menerima hukuman mati yang dilaksanakan oleh Vector, Selebus dan Kubila.

Ketiga lawanmu ini memiliki elemen Darknes, jadi Dragoon Magic milik Miranda akan dapat mengalahkannya. Dalam per-tempuran ini sebaiknya gunakan Talisman pada Dart.

Setelah mengalahkan ketiga lawan yang akan mengeksekusi kamu, jalan ke depan menuju ruang Signet Sphere. Setelah menerima beberapa berita yang tidak menyenangkan, kembali ke tempat di mana ada piringan terbang menuju ke Aglis. Bicara kepada Lapto pemandu yang berada di luar ruangan untuk belajar cara merefisi artikel 410. Dalam perjalanan mengubah artikel ini kamu dapat meng-gunakan piringan Warp menuju ke Mayfil. Prosesnya sama de-ngan sewaktu kamu merubah artikel 703. Alternatif artikel lain yang dapat diubah adalah 659 dimana dengan hukum ini kamu tidak akan ditahan jika bertemu dengan lapto penjaga dan artikel 666 dimana kamu tidak akan dihalangi oleh musuh yang datang secara acak di daerah Zenebatos. Setelah artikel direvisi, kamu dapat menggunakan piringan warp untuk perjalanan menuju kota kematian Mayfil (jika kamu melakukannya, kamu bisa langsung ke bab 39).


Bab 37
Damai Pada Akhirnya

Untuk mendapatkan tantangan tambahan, kamu boleh kembali melalui Coolon menuju De-ningrad sebelum melanjutkan ke Mayfil. Dari Deningrad, mulai perjalanan ke barat melewati World map menuju Vellweb. Lanjutkan perjalanan sebagai Shirley, pemilik White Silver Dragoon dari Dragon Campaign, menginstruksikan kamu untuk menuju menara Seven Dragonn (tepat di sebelah kiri save point) dan naiki tempat tersebut untuk mencari arwah empat Dragoon yang hilang. Dalam misi membebaskan arwah teman seperjuang-anmu Rose, kamu harus menga-lahkannya dalam pertempuran. Tepat di dalam ruangan di atas menara kamu akan menemukan sesuatu yang mengejutkan.

Damia, memiliki Blue Sea Dragoon. Karena dia memiliki elemen Water, Dart akan menjadi lawannya yang terbaik. Dengan mengalahkannya dalam pertem-puran kamu akan mendapatkan Blue Sea Stone Accessory.

Syufevil, pemilik Jade Dragoon, seperti yang dimiliki oleh Albert atau Lavitz. Karena dia memiliki elemen Wind, maka Kongol akan menjadi lawan yang baik. Dengan mengalahkannya kamu akan mendapatkan jade Stone Accessory.

Kanzas, pemilik Violet Dragoon, seperti yang dimiliki Haschel. Setelah mengalahkannya kamu akan mendapatkan Violet Stone Accessory.

Belzac, pemilik Golden Dragoon, yang paling kuat dari yang sebelumnya. Dengan mengalahkannya kamu akan mendapatkan Golden Stone Accessory.

Bab 38
Asap dan Cermin

Jika kamu memiliki Vanishing Stone (yang kamu terima dari martel sewaktu menyerahkan 50 Stardust yang kamu miliki), laku-kan perjalanan menuju Kashua Glacier dan mesuk ke menara Flanvel. Gunakan piringan warp di sebelah kanan ketika kamu mencapai puncak untuk dibawa ke ruangan Faust sang Magician.

Ketika Faust muncul, Vanishing Stone memusnahkan hantu-nya, membuat kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju piringan warp yang ada di tengah. Gunakan piringan tersebut dan ikuti tabung warp. Untuk dapat menuju ke tempat tiga buah bagian jembatan batu yang sudah rusak (setelah save point) di dalam menara. Dalam perjalanan menuju ke tengah jembatan, kamu terjatuh ke dalam ruangan lain di bawah. Di sini kamu dapat memilih untuk menghadapi Faust yang sesungguhnya.

Faust adalah salah satu musuh yang terkuat yang kamu hadapi dalam game ini. Karena ia tidak memiliki elemen, gunakan karakter kamu yang paling kuat. Faust memilki serangan yang dapat menjatuhkan karakter kamu dengan cepat, jadi sebaiknya persiapkan item Angle Prayer dan Healing Potion sebanyak mungkin. Dia bisa juga diserang dengan addition, khususnya oleh setiap karakter yang dapat mengeluarkan addition dengan sempurna. Gunakan kesempatan ini untuk menyerangn menggunakan Addition. Jika ada kesempatan gunakan juga serangan Dragon Magic. Setelah Faust dikalahkan kamu akan menerima Phantom Shield, 10.000 gold dan 20.000 Exp. Ketika kamu sudah siap tinggalkan ruangan bawah tersebut dengan menggunakan tabung warp di atas ruangan.

Bab 39
Saya Melihat Orang Yang Sudah Mati

Di kota kematian Mayfil, kamu akan segera menemukan arwah Feyrbrand, Dragon Tusked hijau (Dragon yang bertaring berwarna hijau). Dekati dan mulailah pertempuran dengannya untuk membebaskannya, seperti yang kamu lakukan dengan arwah dari Lost Dragoon (Dragoon yang hilang).

Dengan menggunakan elemen Wind Kongol dapat mengalahkannya lebih cepat Feyrbrand dapat menyerang dengan mengeluarkan Stun dan Fear, jadi sebaiknya kamu bersiap-siap. Setelah kamu mengalahkannya, lanjutkan per-jalanan sampai kamu memasuki tempat arwah Regole, yang memiliki Dragon biru laut. Kalahkan dia untuk membebas-kannya dari tempat buangan tersebut, tetapi kamu harus hati-hati. Serangan milik Regol dapat mengeluarkan sekumpulan pukulan yang sangat keras. Final Burst milik Dart sangat tepat untuk melawan musuh yang memiliki elemen Water ini.

Setelah kemenanganmu, lanjutkan perjalanan untuk menyeberang dan memasuki tempat arwah dari Divine Dragon. Karena Dragon ini tidak memiliki elemen, gunakan serangan kamu yang paling kuat melawannya (ada tiga buah pertempuran yang dapat kamu hindari dengan cara tidak mendekati Dragon Soul/arwah). Tidak lama kemudian, kamu akan sampai di sebuah ruangan dengan lantai yang transparan dan sekumpulan energi berhemburan dari bawah.

Di ruangan ini kamu hanya dapat berjalan di atas lantai yang berubah warna menjadi merah ketika energi yang berhamburan mengenai lantai tersebut, dan lantai yang lain adalah lubang. Di ruang sebelah kanan, kamu akan menemukan arwah ibunya Dart. Jalan menuju titik penyembuhan yang ada di ruangan ini akan menyembuhkan karakter kamu. Arwah yang pernah dibunuh oleh Rose pada semasa hidupnya keluar memenuhi ruangan, sementara kamu terus melan-jutkan perjalanan menggunakan piringan warp menuju ke kiri yang akan membawa kamu menuju arwah kawan seperjuangan kamu Lavitz.

Ikuti Lavitz dengan piringan warp untuk berhadapan dengan-nya. Dalam pertarungan ini, kamu dan kawan-kawan kamu sebaik-nya bertahan (defend) sampai kamu diberi kesempatan untuk bicara dengannya. Dengan berbicara akan mengakibatkan dia berbalik badan agar kamu dapat menghancurkan suatu benda yang ada di belakangnya yang menyebabkan dia dirasuki oleh setan. Pada saat ini serangannya dapat mengeluarkan Confution, jadi siapkan perlengkapan panic Guard. Jika dia berbalik untuk berhadapan dengan kamu, lanjutkan pertahanan sampai dia berbicara lagi dengan kamu.

Setelah benda yang berada di belakang Lavitz hancur, kamu akan berhadapan dengan Iblis Blackwell. Melawan iblis dari kegelapan yang memiliki elemen Darkness ini, serangan magic dan final addition dari elemen Light yang dimiliki oleh salah seorang karaktermu akan dapat mengalahkannya. Blackwell memiliki kemampuan merubah dirinya menjadi seekor kelelawar. Bila ini terjadi, sebaiknya kamu bertahan dan menunggu. Setelah kamu mengalahkan Blackwell, arwah Lavitz akan bebas. Jalan ke depan menuju tempat spiritual energi dan gunakan untuk mendapatkan Signet Sphere yang terakhir.


Bab 40
Buah Dari Pohon

Setelah sampai di Devine Tree, ambil jalan ke depan menuju "The Moon That Never Set" yang terlihat di atasnya. Sebuah tempat penyembuhan dapat kamu temukan di dekat akhir jalan tersebut yang dapat membawa kamu ke tempat yang lebih tinggi. Sebelum mencapai puncak, jalan kamu dihalangi oleh Caterpillar (ulat) raksasa.

Boss di sini ada 3 yaitu Caterpillar, Pupa dan Imago. Dua senjata yang dimiliki Caterpillar adalah mengeluarkan Stun dan Potion, jadi mungkin kamu ingin mempersiapkan item untuk bertahan. Pupa tidak terlalu menjadi masalah, tetapi Imago memiliki serangan yang dapat menyebabkan kematian atau mencabut roh. Sebaiknya kamu mempersiapkan Talisman atau Active Ring untuk kamu bawa. Setelah kamu mengalahkan mereka lanjutkan perjalanan menuju "The Moon That Never Set".

Bab 41
Menghadapi Setan Kamu

Tujuan kamu yang terakhir adalah untuk mencapai "The Moon That Never Set" untuk membebaskan Shana dan menghentikan God of Destruction (dewa penghancur) yang ingin menghancurkan dunia. Dalam perjalanan kamu ini, kawan-kawan kamu akan pergi satu demi satu untuk menyelesaikan persoalan pribadi mereka masing-masing. Setiap kali ini terjadi, anggota party yang pergi akan berhadapan dengan Sub Boss yang berbentuk sesuatu dari masa lalu mereka. Mereka adalah:

Miranda
Miranda berhadapan dengan setan dengan versi Mawar di tempat dimana dia terakhir melihat ibunya. Selama pertempuran, Miranda tidak dapat berubah menjadi Dragoon, jadi bersiap-siaplah untuk bertahan atau mengunakan item Healing. Miranda melihat sebuah bentuk ibunya di dalam mawar, dan dia memohon maaf. Dan pada akhir pertempuran kamu harus menjawab "I'll Forgive you" untuk mengakhiri pertempuran.

Hascel
Guru besar beladiri ini harus berhadapan dengan anak kan-dungnya yang sudah menghi-lang, Claire. Pastikan untuk berta-han setiap saat untuk memulih-kan kesehatannya. Dia berusaha bicara kepada Claire. Sebuah Therapy Ring akan sangat baik digunakan dalam pertempuran ini, karena Claire memiliki serangan sampai HP kamu menurun menjadi 1 HP. Ketika dia melontarkan sebuah pertanyaan, jawab dengan "Mind's Eye, awaken!" untuk mengakhiri pertempuran.

Kongol
Suku Giganto yang sangat kuat ini harus menghadapi kakaknya Indora. Gunakan kekuatan se-rangan Addition kamu yang paling kuat untuk menyerangnya, tetapi hati-hati jika kamu gagal Indora akan melakukan Counter dan menyerang balik. Gunakan Healing item atau Defend untuk bertahan melawan saudara kamu dalam pertempuran. Dengan mengalahkannya Kongol akan mendapatkan Indora Axe.

Dart dan Rose
Mereka berdua harus berhadapan dengan Michael, Dragon Hitam. Bukannya menyerang tetapi sebaiknya bertahan melawan Dragon ini sampai dia mengajukan sebuah pertanyaan. Pilih "Tell Dart The Blind Spot" untuk jawaban kamu. Setelah itu serang bagian terlemah dari Dragon ketika dia melakukan serangan Aerial Darkness Beam untuk melemahkannya. Jika Rose diperlengkapi dengan Dark Dragon Armor dia akan kebal terhadap serangan Michael. Setelah mengalahkan Dragon tersebut, cari teman-teman anggota party kamu.

Albert
Raja dari Sertdio ini harus bertemu kembali dengan pamannya, Emperor Doel. Dalam pertempuran, Albert dapat menyerang senjata pedang cahaya atau pisau bayangan yang digunakan oleh Doel. Dengan mengalahkan Doel, maka berakhirlah test yang dijalankan Albert.

Meru
Wingly (manusia bersayap) yang masih muda ini harus menghada-pi bentuk lain dari bangsa sejenis-nya sendiri, Archangel. Setelah beberapa putaran serangan yang melemahkannya, Archangel akan melancarkan serangan yang menurunkan HP-nya menjadi hanya tinggal 1 HP. Oleh karena itu, Meru akan memerlukan Therapy Ring. Setelah Meru mengalahkannya, berakhir pula test yang dijalankannya.

Dengan selesainya test yang dijalankan, kamu dan anggota party kamu ini, jalanlah ke depan menuju tiang energy (tempat di mana Meru melawan masa lalu-nya) untuk dibawa menuju Moon Core (inti bulan). Setelah melewati save point, yang berada di antara kamu dan tempat God of Destruction (dewa penghancur), kamu akan bertemu dengan Super Virage. Makhluk ini bertindak sebagai pelindung benih Virage. Sepertinya, kamu harus dapat melewatinya untuk dapat menuju musuh kamu yang sesung-guhnya.

Tidak seperti Virage-virage yang lainnya, ada dua cara untuk mengalahkan musuh ini. Kamu dapat menyerang dan menghan-curkan kepalanya, tetapi kamu akan mendapat balasan atas kehancurannya (dalam bentuk ini dia akan meledak), atau kamu dapat menyerang dan menghancurkan badannya. Jika kamu menyerang badannya mungkin akan memakan waktu lebih lama, tetapi jika dia kalah tidak akan meledak. Super Virage ini tidak memiliki elemen, jadi kamu dapat menggunakan karakter kamu yang paling kuat untuk melawannya.

Setelah dapat melewati Super Virage, kamu akan mengetahui apa yang diyakini oleh anggota party kamu bahwa musuh mereka yang terakhir adalah Zieg (ayah Dart). Karena Zieg memiliki elemen Fire, maka Meru dengan serangan magic Dragon Water-nya akan sangat berpengaruh kepada Zieg. Jika Albert ada dalam kelompok party kamu, langsung saja gunakan serangan Rose Storm Barrel yang dimilikinya. Dengan tidak adanya Dragoon Spirit yang dimiliki Dart, dia hanya dapat berharap agar dapat selamat dalam pertempuran ini. Jika kamu memiliki Psychedelic Bom, sebaiknya kamu gunakan untuk menyerangnya. Karena bom ini dapat menurunkan HP yang dimiliki Zieg sekitar 200 HP atau lebih.

Bab 42
Legenda Dragoon

Penguasa Wingly, muncul dari dalam tubuh Zieg ketika dia terkalahkan, menggantikan Shana sebagai roh yang digabungkan dengan tubuh God of Destruction. Pada saat ini seorang kawan lama muncul dan akhirnya kamu mendapatkan kembali Dragoon spirit dan Dragon Buster. Setelah kamu sudah siap, pertempuran yang sesungguhnya untuk menyelamatkan dunia dimulai.

Rose akan menjadi pilihan yang baik untuk ikut bertempur bersama kamu jika levelnya seimbang dengan anggota party kamu yang lainnya. Karena dalam pertempuran ini tidak berpengaruh terhadap elemen, jadi sebaiknya kamu pilih anggota party kamu yang memiliki magic dan addition yang paling kuat.

Mulai pertarungan dengan menyerang bagian-bagian kecil yang ada disekeliling Melbu. Level mereka lebih rendah, jadi tidak akan membutuhkan waktu lama untuk mengalahkannya, hanya dengan dua kali serangan dengan addition yang sempurna maka mereka akan kalah. Tetapi akan agak lama untuk mengalahkan Melbu, karena dia memiliki trik-trik tersendiri. Oleh karena itu healing item dan angel Prayer akan dapat berguna untuk kamu. Setelah beberapa lama Melbu akan berubah bentuk.

Dalam perubahan bentuk generasi pertama ini, dia memiliki kemampuan untuk menangkap salah satu anggota team kamu. Serang dia untuk membebaskan kawanmu. Selanjutnya generasi keempat, yang dapat melancar-kan serangan magic universal seperti yang digunakan Super Virage. Setelah itu generasi ke-enam, yang dapat menyerang dengan menggunakan serangan sekumpulan wingly, bentuk ini juga memiliki magic dari Dragon Block Staff, yang dapat mengurangi kekuatan dan pertahanan kamu walaupun sedang dalam bentuk Dragoon. Setelah me-lewati semua bentuk generasi ini, Dart dalam bentuk Dragoon akan dapat melumpuhkannya.

Back To Disk 3

The End

Terkait

Description: Walktrough The Legend Of Dragon - DISK 4 (Bahasa Indonesia) Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Walktrough The Legend Of Dragon - DISK 4 (Bahasa Indonesia)
Al
Mbah Qopet Updated at: 08.40

0 komentar:

Poskan Komentar