Senin, 27 Agustus 2012

Walktrough Bahasa Indonesia: The Legend Of Mana


Walaupun Walktroughnya terpencar, tapi anda pasti bisa paham, karena even pada game nya muncul juga tidak berurutan.


The Lost Princess
Saat masuk Domina, kalian akan melihat event dengan Duelle dan Elazul. Masuki pub, bicaralah dengan Elazul. Ambil pilihan kedua (3x), Rachel akan memberimu AF Jade Egg (Makiv Caverns). Keluar dan pasang AF tersebut di world map, lalu masuki Mekiv Caverns. Pergilah sampai Underground level 3, bicaralah dengan Sandra, akan terdengar jeritan Pearl. Di gua lawan Du' Inke, Pearl akan memberimu AF Stone Eye (Lake Kilma) dan Firefly Lamp (Lumina).

Event 2
Tiny Sorcerers

Kembali ke rumahmu, lalu keluar lagi, Pelican akan meminta bantuanmu. Masuki Domina, dan pergi ke bagian paling kiri. Di sini kalahkan Bud dan
Lisa, lalu ambil pilihan pertama.

The Seven Wisdoms
Di rumahmu, bicaralah dengan Bud (2x), pilih yes untuk memulai event ini. Event ini bisa diselesaikan kapanpun sepanjang game ini. Ketujuh orang tersebut adalah Gaeus (Luon Highway), Rosiotti (Jungle), Tote (Lake Kilma), Pokiehl (Ulkan Mine), Selva (Lucemia) dan Olbohn (Underworld). Wisdom ketujuh adalah Matilda, namun kalian tak perlu menemuinya. Bila di awal event ada kata: Bawa Bud, kemungkinan ini adalah untuk event Seven Wisdom.

Event 57
Monster Corral


Masuki Domina dan pergi ke tempat kamu melawan Bud dan Lisa dulu. Duelle akan memberimu beberapa umpan, dekati monster, tekan segitiga untuk memilih umpan, lalu tekan X. Saat monster egg memakan umpan tersebut, tangkap ia dari belakang. Pelican akan mengantarnya ke Monster Corral di rumahmu. Bila kalian menyimpan data FFVIII di Memory Card yang sama, kemungkinan monster pertamamu adalah Chocobo.

Event 1
Niccolo Business Unusual


Masuki Domina dan temui Niccolo di Market Place. Pilih no, lalu yes (2). Setelah ia bergabung, temui Teapo di sebelah toko Equipment, ia akan memberimu AF Wheel (Luon Highway). Pasang di World map. Masuki Luon Highway, dari persimpangan dimana kalian bertemu Daena, ambil jalan ke kanan atas, lanjutkan dan kalahkan Mantis Ant. Niccolo akan memberimu AF Flame (Gato Grattoes) dan AF Medallion (Jungle).

Event 3
The Wisdom of Gaeus

Masuk ke Domina tanpa NPC dan temui Daena di inn. Setelah ia bergabung, masuki Luon Highway, cek Boink untuk menteleportmu. Dari sini jalan
ke kanan, teruskan sampai bertemu Gaeus. Usai event ini, bawa Bud dan temui Gaeus untuk event Seven Wisdoms.

Event 56
The Mana Orchads


Saat bertemu Gaeus, ia akan memberitahu tentang pohon besar di dekat rumahmu. Di Home, pergilah ke Backyard (kiri bawah), lawan 4 Lullabud. Setelah menang, Trent akan muncul. Beri pohon ini 2 seed, berjalanlah bebe-rapa hari (dalam hitungan game), lalu kembali. Petik buahnya, masukkan dalam peti. Bila kalian telah memasukkan cukup banyak buah (sekitar 60) ke peti, Trent akan memberimu AF Golden Seed (Orchad).

Event 30
Faeries' Light

Masuki Lumina, pergi ke kanan menuju Toko Monique, dan bicara dengan Gilbert di depan tokonya. Lalu bicara dengan Monique di dalam toko,

Gilbert akan masuk. Setelah ia keluar, bicara dengannya di luar, dan ambil pilihan kedua. Kini pergi ke Tavern dan bicara dengan Manager, ia akan
mengajarimu bahasa Dudbear. Kini bicara dengan Dudbear untuk menjual lampu tersebut.
Ini adalah cara menjawab pertanyaan Dudbear:
1.Duda Bubu, Duba Bubu? Jawab:Dud!
Duda Dub Ba! Duba Dub Ba? Jawab:Dub!
Duba Dubababa Ba Da! Dub? Jawab:Dub!
Duba Duda Dubba, Dub? Jawab:Dub!
Dub! Jawab:Dada Dadda?
2.Ba baba, Da Baba Jawab:Dub!
Duba Dub Ba? Jawab:Dub!
Duba Dubba? Jawab:Dub!
Duba Duda Dubba, Dub? Jawab:Dub!
Dub! Jawab:Dada Dadda?
3.Duda Gak Duba Jawab:Dud!
Duba Gak Bubu Jawab:Dud!
Bubu? Jawab:Dub!
Duba Duda Dubba, Dub? Jawab:Dub!
Dub! Jawab:Dada Dadda

Usai menjual semua lampu, temui Gilbert di depan toko Monique, lalu masuk ke toko untuk event. Temui lagi mereka di luar toko. Usai event, masuk ke toko, bicara lagi dengan Monique. Lihat event, Monique akan memberimu AF Trembling Spoon (The Underworld) dan AF Sand Rose (Duma Desert).

Event 5
Hunting Du' Cate

Bawa Bud dan masuki jungle. Di pintu masuk, kalian akan melihat Mr. Sotherbee, Skippie dan Hamson. Jalan ke kanan atas, lalu kembali. Setelah Lilipeas kabur, kembali ke jalan atas, bicara dengan Lilipeas itu, ikuti kemana ia pergi. Saat di Greenwood Garden, setelah mengalahkan monster, Selkie akan muncul. Ia akan memberimu spell agar kalian tak tersesat.

Kembali ke layar sebelumnya dan bicara lagi dengan Lilipeas, ikuti ia sampai bertemu Hamson. Ikuti ia sampai bertemu Skkippie di Forested Ruins. Bicara dengannya sampai ia pergi, lalu ke kiri, temui Rosiotti, satu dari seven wisdom. Ia akan memberi nasehat untuk bekerja sama dengan yang lain. Temui Skippie, lalu Hamson, ambil pilihan pertama. Kembali ke Skippie, bicara dengannya. Ikuti ia ke Du'Cate Teritiry, lalu ke Spring of Beast, lawan Du'Cate. Saat Mr.Sotherbee memberimu 500 Lucre, pilih thanks, ia akan memberi AF Ancient Tablet (Mindas Ruins)

Event 9
The Murmuring Forest

Masuki Forest, bicaralah dengan Flowerling di pintu masuk untuk menteleportmu ke Forested Ruins. Dari sini pergi ke kiri ke tempat Rosiotti dan bicara dengan Roane. Kembali ke Forested Ruins dan jalan ke kiri bawah, para Faeries akan menteleportmu ke pintu masuk. Bicaralah dengan Flowerling, pilih Courtyard of Rain. Bicaralah dengan Selkie. Lalu kembali ke tempat Rosiotti, bicaralah dengan Selkie di sini, ia akan melepas kutukan Fairy dari dirimu. Kembali ke Forested Ruins, dan jalan ke kiri bawah. Usai event, ikuti Escad ke kiri dan lawan Punkmaster.

Event 23
The Flame of Hope

Masuki Gato Grattoes. Bicaralah dengan Sandra, lalu ikuti Sproutling. Di Pathway, bicaralah dengan Rubens, lalu ke kiri, akan ada surat yang jatuh. Kembali ke Pathway dan jalan ke atas menuju Cliff Terrace. Usai event, kembali ke Pathway, jalan ke kiri menuju Temple of Healing, Cek Nun di lantai. Kembali ke Cliff Terrace, lihat event, lalu bicara dengan Rubens (2x). Pergi ke Temple of Healing, pilih Sure Thing, lalu pergi ke jalan di kiri pintu masuk menuju pathway of Astecism. Ikuti jejak daun menuju Waterfall, lanjutkan ke Cancun Bird Nest, lihat event. Boyd akan memberimu Touch of Coral(Madora Beach).

Event 7
Two Torches

Masuki Gato Grattoes, kini Escad menuju Temple of Healing. Pergilah ke sana, dan temui Daena di pintu masuk ruangan Matilda, lalu masuk ke dalam. Usai event, bicaralah dengan Daena. Keluar, cek Nun yang terbaring di lantai, lalu masuk lagi, Sandra akan menculik Matilda. Bicaralah dengan Daena. Setelah ia bergabung, keluar dari Temple. Pergi ke jalan di kiri pintu masuk, pilih Dungeon. Temui Escad, lalu terima tawaran Daena untuk mengantarmu. Lanjutkan ke Meditation Room (pilihan pertama), dan lawan Spriggan.

Event 7
Two Torches

Masuki toko di Gato Grattoes dan temui Niccolo, ajak ia. Ambil jalan di kiri pintu masuk, pilih Waterfall. Saat Niccolo mencari greenballs, lanjutkan ke Cancun Bird Nest, lalu kembali ke Waterfall. Bebrapa saat kemudian seorang Fairy akan muncul, bicara dengannya dan ambil pilihan 2. Saat Niccolo bertanya ambil pilihan pertama,. Niccolo akan memberimu AF Broken Doll (Junkyard).

Event 6
Diddle's Letter

Pergi ke Domina, temui Diddle di Park of Mana Angel. Setelah ia pergi, bicaralah dengan Capella, lalu ke Outskirt of Domina. Kembali dan bicara dengan Capella, ia akan pergi. Pergi ke Outskirt of Domina lagi, bicara dengan Capella, Pelican akan membawanya pergi. Tinggalkan tempat ini lalu kembali lagi, bicaralah dengan Pelican. Kini pergi ke Luon Highway, gunakan Boink untuk menteleportmu. Cek surat di tanah dekat situ. Ikuti Capella ke gua, bicara dengan Diddle di depan gua, ambil jawaban kedua. Ikuti mereka ke dalam gua, bicara dengan Capella, teruskan dan lawan Giga Rex.
Event 19
The Infernall Doll
Masuki Junkyard, lihat event. Bicaralah dengan mainan Jack-in the-Box, ia akan memberi tahu jalan yang harus dilalui. Dari Jack in the Box,
pergi melalui jalan Teddy Bear Doll Jack in the Box Rocking Horse (lihat mainan yang ada di masing-masing jalan).
Kalahkan keempat mainan, kalian akan mendapat AF Tomb of magic (Geo) dan Moon's Mirror (Tower of Leires).

Event 18
Daddy's Broom

Usai event 19, bicaralah dengan Li'l Cactus, keluar ke World map lalu masuk lagi, Lisa kini kehilangan sapunya. Bicaralah dengan Lisa, Li'l Cactus akan masuk. Bicara dengannya lalu turun dan ajak Bud bersamamu. Pergi ke Junkyard, bicaralah dengan Flowerling untuk menteleportmu ke tempat Prof Bomb. Dari sini ambil jalan Teddy Bear The Doll, kalian akan sampai di Akropolis of Trash. Ambil jalan Teddy Bear The Doll Jack in The Box Rocking Horseuntuk tiba di tempat sapu tersebut, lawan Gremlin.

Event 10
The Gorgon's Eye

Bawa Bud, dan masuki Lake Kilma. Di pintu masuk, bicaralah dengan para Pinguin sampai mereka pergi. Ikuti mereka, kalian akan melihat beberapa pinguin yang membatu. Ambil jalan kanan atas, lanjutkan sampai bertemu Tote, balik badannya. Ia akan memberi kemampuan melihat Faeries. Bicara lagi dengannya untuk event Seven Wisdom Bud. Lanjutkan ke kanan sampai bertemu para pinguin lagi. Teruskan sampai Cliff, terjun ke bawah dan lawan Gorgon's Eye

 Event 60
Professor Bomb

Pergi ke Junkyard, bicara dengan Flowerling untuk menteleportmu ke tempat Prof Bomb. Bicaralah dengannya dan ambil jawaban pertama. Pergi ke Domina dan bicara dengan Mei-Mei di Market Place, lalu ke Lake Kilma, lawan Machine Golem.

Event 55
Golem Go Make'Em

Masuki Workshop di home, Prof Bomb akan keluar dari sana. Ia telah membuatkanmu Golem Laboratory, jawab 10
pertanyaannya. Ambil jawaban : 1, 2, 1, 1, 1, 2, 1, 1, 2, 1. Prof Bomb akan mengajarkan cara membuat Golem.

Event 36
Reach For The Stars


Pergi ke Duma Desert, dan bicaralah dengan Kathinja, ambil pilihan kedua untuk membantunya. Lanjutkan, dan bila kamu dihadang beberapa siswa (di East Side dan North Side), pilih untuk terus maju. Kathinja akan menyusulmu, pilih 'ready' untuk bertemu Memphianse, lalu hadapi 2 Axebeak.

Event 54
Enchanted Instrumen 101

Usai event 41, pergi ke Workshop, seorang Student akan keluar dari sana. Ia telan membuatkan Instrumen Workshop di sana, dan memberimu instrumen. Kini mainkan musik, saat spirit mendekat, hentikan musik dan bicara dengan mereka sebelum menghilang, untuk mendapat coin.

Event 55
Golem Go Make'Em

Masuki Mindas Ruins, di pintu masuk bicaralah dengan Duelle. Di dalam, berjalanlah sampai Ruined Glory Section, bicara dengan seorang Flowerling lalu ke atas, bicara dengan Flowerling merah, dua Flowerling lain akan muncul. Mereka mengontrol gerbang di Western Gate sesuai posisi mereka. Bicara dengan kedua Flowerling di sisi untuk memindah posisi mereka, lalu kembali dan jalan ke bawah melewati Western Gate sampai bertemu Flowerling Biru untuk mengaktifkan Psychokinesis.

Kembali ke tempat Flowerling merah dan buka gerbang kanan (bicara dengan Flowerling di kanan). Kembali ke Western Gate dan jalan ke kanan menuju Megalith Structure, bicara dengan Flowerling merah untuk membuka pintu Megalith Structure. Masuk ke dalam, temukan Teapo dan lawan Count Dovula. Kalian akan mendapat AF Bottled Spirit (Ulkan Mine) dan AF Rusty Anchor (Polpota Harbour).

Event 14
Mine Your Own Business

Bawa Bud dan masuki Ulkan Mine. Pergi ke toko Watts (di layar kedua, jalan ke atas). Bicaralah dengan Pokiehl, untuk memulai event, juga untuk event Seven Wisdom. Lalu teruskan, dari save point ambil jalan kiri atas sampai bertemu Watts di Underground Level 2, bicara dengannya beberapa kali lalu lawan Cabanne.

Event 11
In Search of Faeries

Pergi ke Temple of Healing, temui Matilda. Ia akan memintamu mencari Daena. Pergi ke Lake Kilma dan temui Tote di Cliff, lalu kembali dan bicara dengan Daena, pilih yes (2x). Ikuti ia. Dari save point, ambil jalan kanan bawah, lihat event. Lalu jalan ke kiri bawah, teruskan dan lawan Boreal Hound.

Event 15
Pokiehl: Dream Teller

Temui Pokiehl di dekat pintu masuk Ulkan Mine. Ia akan membawamu ke masa lalu Matilda. Setelah Escad kecil hilang, temui Pokiehl, dia akan menteleportmu ke Underground level 3. Lihat event, lalu ke kanan, berikutnya ambil jalan kanan bawah (jalan kanan atas akan membawamu ke save point). Lanjutkan sampai bertemu Irwin dan Matilda lagi. Usai event bicaralah dengan Escad dan lawan dia.

Event 26
Star Crossed Lovers

Masuki Gato Grattoes, Daena akan menuju Temple of Healing. Pergi ke ruangan Matilda, lihat event, kalian akan diteleport ke Mindas Ruins. Buka pintu selatan West Gate, temui Niccolo, dan bayar 500 lucre untuk mengantarmu ke Temple of Wind. Pilih Daena atau Escad, dan kamu akan melawan karakter yang tidak kamu pilih.

Event 61
Watts Drops The Hammer

Temui Watts di tokonya, ia tengah mencari palunya. Usai bicara dengannya, kembali ke pintu masuk, gunakan Dudbear Express untuk langsung ke
Digger Hideout, ambil palu di sana dan berikan pada Watts.

Event 53
The Path of Blacksmith

Masuki Workshop, Watts kini ada di sana dan telah membuatkan Blacksmithy, ia akan mengajarkan cara membuat senjata dan Equipment.

Event 46
Niccolo's Business Unsual: Part 3

Pergi ke Lumina, temui Niccolo di dalam toko. Setelah ia bergabung, pergi ke Mindas Ruins. Temui Flowerling yang mengaktifkan Psychokinesis di event 12. Setelah ia kabur, kembali ke layar sebelumnya, jalan ke bawah, teruskan sampai bertemu Flowerling. Geser posisinya untuk membuka gerbang. Kembali ke Western Gate, jalan ke kiri dan buka gerbang kanan Western Gate. Kembali ke Western Gate, jalan terus ke kanan sampai Eastern Gate, jalan ke bawah dan buka gerbang utara Eastern Gate. Jalan lewat utara Eastern Gate, teruskan sampai tiba kembali di pintu masuk Mindas Ruins.

Event 28
Drowned Dreams

Pergi ke Polpota Harbour, masuki Seaside Hotel dan bicaralah dengan Mr.Moti (pria di kanan). Hantu akan muncul, ambil pilihan pertama. Jalan ke Cliff lewat kiri Waterfront Mall. Di Cliff bicaralah dengan Thoma, bertanyalah padanya. Kembali ke Seaside Hotel dan bicara dengan Basketfish di depan hotel.

Kembali ke lobby, jalan ke bawah dari Mr. Moti untuk tiba di Harbour. Bicaralah dengan Boyd dan tanyakan semua hal sampai ia pergi. Lanjutkan ke kiri ke Restaurant Sea's Bounty, lihat event. Kembali ke depan hotel, lihat event. Masuki Hotel, pergi ke Hotel's Lunge (lewat kiri atas). Bicaralah dengan Thoma, lihat event, kalian akan mendapat AF Pirate's Hook(SS Buccaneer). Letakkan di air.

Event 17
Heaven's Gate


Bawa Bud, dan temui Matilda di Temple di Temple of Healing. Usai event bicara lagi dengan Matilda, ia akan memberi AF Brouch of Love (Lucemia). Masuki tempat tersebut, kalian akan bertemu Selva (2x), jangan ambil pilihan kedua (kecuali kamu ingin keluar). Lanjutkan sampai Leaving Sorrow Behind dan lawan Irwin.

Event 4
Where's Putty

Masuki Ulkan Mine, pergi ke Digger Hideout. Para Pinguin akan menculik Putty. Pergi ke SS Buccaneer, turun ke Lower Deck dan cek barel di Bulkhead untuk menemukan Putty. Bicara dengan Cap'n Tusk, pilih 'no' untuk meninggalkan kapal. Pergi ke Polpota Harbour, ke Cliff untuk menemukannya.

Event 27
Summer Lovin'

Usai event, pecahkan semua Crab yang kalian temui. Jalan ke kanan, teruskan sampai King's Cavern. Jalan ke kiri, hancurkan kepiting terakhir (bila menghancurkan 25 atau lebih, kalian akan mendapat gelar 'Lord of Darkness'. Kembali ke King's Cavern, jalan ke kanan bawah. Lawan Fullmetal Haggar. Lalu bicaralah dengan Valeria.

Event 26
A Siren's Song

Pergi ke Lumina, dan jalan ke Crescent Moon Alley (Jalan ke Tavern, dari depan toko equipment jalan ke kanan). Bicaralah dengan para prajurit, bicara juga dengan seorang prajurit di depan toko Monique. Pergi ke Polpota Harbour, pergi ke Harbour, temui Monique. Lalu ke Cliff, lihat event. Bicaralah dengan Thoma. Pergi ke Madora Beach, jalan ke kiri sampai Birdcage Lighthouse, lihat event. Bicaralah dengan Flameshe, lalu ke kanan, tunggu sampai Flameshe menghilang, lari ke dalam dan lawan Tropicallo.

Event 65
Gilbert: Love Is Blind

Pergi ke Madora Beach dan temui Elle di Birdcage Lighthouse. Setelah ia bergabung, pergi ke Polpota Harbour. Temui Gilbert di Restaurant Sea's Bounty, Elle akan pergi. Kembali ke Madora Beach dan ajak lagi ia. Di luar, Gilbert akan membawanya pergi. Pergi ke SS Buccaneer, temui mereka. Lalu bicara dengan Cap'n Tusk. Kembali ke Quarter Deck, lihat event dan lawan Orc.

Event 58
Gilbert School Amour

Masuki Geo dan pergi ke Outdoor Fruit Parlour. Bicaralah dengan Gilbert, lalu temukan kelimabelas murid Kathinja dan bujuk mereka ke kelas (sampai mereka mengatakan akan kembali ke sekolah). Mereka ada di Outdoor Fruit Parlour (3), Main Avenue (7) dan Academy of Magic (5). Student terakhir di toko instrumen baru mau kembali jika semua siswa lain mau kembali ke sekolah.

Event 49
Li'l Cactus


Masuk ke dalam rumah, Bud tengah terbaring di lantai. Bicaralah dengan Li'lCactus., lalu dengan Bud dan Lisa. Pergi ke Domina, temui Mei-Mei. Kembali ke rumah, Li'l Cactus menghilang. Cek potnya untuk mendapat pesan. Temui Gaeus di Luon Highway, lalu temui Selkie di tempat Rosiotti. Berikutnya pergi ke Geo, temui Brownie di depan Academy. Lalu temui David di Lower Deck SS Buccaneer. Setelah itu ke Domina, temui Pelican di Outskirt of Domina. Terakhir cek kotak surat di Home.

Event 59
Gilbert: Resume For Love


Setelah patung Gilbert hilang dari pintu masuk Geo, pergi ke Palace of Arts. Masuki Storage Room dan bicara dengan Gilbert. Bicaralah dengan Sotherbee, lalu ke Ulkan Mine, pergi ke Digger Hideout dan baca catatan Roger. Bicaralah dengannya, akan ada gempa. Masuki lagi Ulkan Mine dan bicara dengan Gilbert di Abandoned Room pertama. Kini ke Lumina, bicara dengan Monique di tokonya sampai ia pergi.

Temui ia di Birdcage Lighthouse di Madora Beach. Lihat event dan perhatikan spell Flameshe:
Heavens bless the (earth with live)-giving showers of rain.
(The Ancient memories) (of Mother Earth fill) our soul with bliss
Know (the truth that) the ultimate power (of energy for all)
Kini kembali ke patung Gilbert di Ulkan Mine, bantu nyanyian Gilbert dengan kata-kata dalam kurung.

Event 44
The cage of Dreams

Event ini muncul tak tentu, biasanya setelah Mana Tree di kiri atas World Map telah menjadi pohon utuh. Saat kembali ke rumahmu, halaman rumahmu kini dipenuhi Sproutling, dan salah satu Sproutling mati. Masuki rumah, lalu keluar lagi, pergi ke Workshop, lihat event. Keluar, Pokiehl akan menanyaimu, pilih yes. Lihat event, bicara dengan Nunuzak, lalu masuki dunia mimpi, temukan Sproutling. Kalian akan mendapat AF Sword of Mana (Mana Tree). Tempatkan di sebelah Domina dan Duma Desert untuk kepastian mendapat Event 43, 66 dan 67.


Seeing Double

Masuki Domina, kalian akan melihat kembaranmu. Bicaralah dengan Sproutling, lalu ikuti kembaranmu dan masuki Market Place lewat sisi utara. Bicara dengan Sproutling di Market Place, lalu temui Teapo, lihat event. Keluar, bicara dengan Sproutling, lalu ikuti ia ke tempatmu melawan Bud dan Lisa dulu. Kalahkan Shadow Zero-One.
Event 67
Pee-Wee Bird
Event ini bisa didapat jika Elemental Spirit Domina mencapai level 3. Pergi ke Domina dan masuki inn, Miss Yuka

akan mencari Menos Bronze, Baobab Wood, Animal Hide, Topple Cooton, Flat Seed, Citrisquid, Rotten Meat dan Sulpher. Item-item tersebut bisa didapat dari bertarung, peti harta, beli dari Student yang menjualnya atau dari Trent. Berikan semua pada Miss Yuka. Nanti bicaralah pada Pee Wee Birdie untuk mendapat Revive Ring.

Event 47
Niccolo's Business Unusual: Part4

Pergi ke Geo, masuki Outdoor Fruit Parlour dan ajak Niccolo bersamamu. Setelah ia bergabung, masuki Toko Watts, keluar, masuki lagi berulang-
ulang. Beri Watts Gator Skin, lalu masuk lagi.

Event 48
Niccolo Calls It Quit


Pergi ke Geo, bicaralah dengan Kristie dan Sotherbee di Palace Of Arts. Lalu ke Polpota Harbour, temui Niccolo di Cliff. Setelah ia bergabung, kembali ke Palace of Arts, temui Kristie. Pergi ke Cancun Bird Nest di Gato Grattoes. Kembali temui Kristie di Geo, lalu kembali lagi ke Cancun Bird Nest, kali ini Niccolo akan jatuh. Temui ia di Cliff Polpota Harbour. Kembali ke Palace of Arts, Niccolo akan mengambil alih tempat ini.

Event 50
Rachel


Bicaralah dengan Jenifer di Market Place(ia ada di sini di hari Aura dan Undine). Lalu temui Mark saat ia ada di kamar Rachel. Ulangi beberapa kali, sampai Rachel pergi dari rumah. Bicaralah dengan Jenifer di Market Place, lalu dengan Mark saat ia di kamar Rachel. Bicara dengan Teapo, ia mengatakan Rachel mungkin pergi ke Geo. Pergi ke Geo, masuki School Library di Academy of Magic di hari Salamander, akan ada ledakan. Kembali ke kamar Rachel, bicaralah dengan Rachel dan Mark.

Event 41
The Fallen Emperor

Masuki Underworld(tanpa NPC), di dalam kalian akan Larc. Setelah ia bergabung, turun ke Second Level, temui Olbohn di ruangannya untuk mendapat ijin, lalu bicara dengan Shadoles di sana untuk ke Baptism Chamber. Di sana bicaralah dengan Shadole untuk mendapat Baptism Flame. Kini turun ke Third Level, kalahkan Hitodama untuk bertemu Drakonis. Ambil pilihan pertama lalu kedua, Larc akan memberimu AF Skull of Lantern (Norn Peaks).

Event 38
The Guardian of Winds


Bawa Larc memasuki Norn Peaks (jemput ia di Underworld). Di pintu masuk kalian akan bertemu Sierra. Jalan sampai Village of The Winds. Usai event dengan Windcallers, lanjutkan ke Mountain Gate. Kalahkan Windcaller pertama di Hidden Pass. Teruskan ke kiri hingga Land of The Clouds, kalahkan Windcaller kedua. Kembali dan jalan ke Eternal View, lawan Windcaller terakhir. Kini barrier telah hilang, lanjutkan dan lawan Akravator, Larc akan memberimu AF Dragonbone (The Bone Fortress).

Event 63
The Field Trip

Masuki Bone Fortress, bicara dengan para Students sampai Miss Thesenis muncul. Lanjutkan ke Cranium Gate, kembali dan bicara dengan salah satu Student, ia akan minta bantuanmu untuk mencari 3 item. Item yang diperlukan adalah Faery Scales, Silver Mushrooms dan Star Sparkles. Pergi ke Cranium Gate lagi, bicara dengan Student biru di atas, Flowerling cewek merah dan Flowerling cowok merah untuk mendapat ketiga item tersebut.

Event 39
The Ghost of Nemesis


Bawa Lark dan Pet/Golem memasuki Bone Fortress. Pergi ke Cranium Gate, lawan Skeleton Soldier. Lalu masuk lewat mulut Naga. Cek panel tengah, kalian akan terpisah. Jalan ke kiri menuju Venterbre Room, cek tengkorak dan armor untuk membuka jalan dan jemput Pet/Golemmu. Kembali ke ruang semula dan cek panel, lalu masuki elevator dan naik ke third floor, kalahkan Sierra.
Ambil kunci yang dijatuhkannya, lalu turun ke second floor. Masuki Venterbre Room dan temukan Larc. Kembali ke third floor, lanjutkan, lawan
Deathbringer, lanjutkan lagi dn lawan Jajara dua kali. Larc akan memberimu AF Green Cane (White Forest).

Event 64
Catchin' Lilipeas

Masuki White Forest tanpa Larc. Kalian akan melihat Sotherbee, Skippie dan Hamson. Temui Skippie dan Hamson, lalu cari Rev Nouvelle di Eastern Forest. Jalan ke kiri, cari 2 barel dan bebaskan kedua Lilipeas di dalamnya. Lanjutkan ke pintu masuk Lilipeas Village untuk melihat Skippie dan Hamson.

Event 37
The Dragon Princess

Bawa Lark memasuki White Forest. Larc akan memberitahu arah. Teruskan bila ia bilang "You are right", dan kembali bila ia bilang "Wait."
Lanjutkan sampai Ancient Tree, Larc akan pergi setelah mendapat Mana Stone. Lawan Sierra dan Vadise.

Event 40
The Crimson Dragon

Pergi ke Underworld, di pintu masuk Sierra akan muncul. Ajak ia. Di Underworld, turun sampai level 4, salah satu Shadole akan mengan-tarmu ke
Shrine of the Silent Voice di level 5. Masuki ruang Drakonis, ia akan mengubah Larc jadi monster. Lawan Larc The Centaur.

Usai event, masuki Drakonis Fortress(The Flames). Di persimpangan di second floor ambil jalan ke kiri, naik sampai fourth level, lalu masuki pintu dan jatuhkan diri lewat jebakan, kalian akan tiba di third floor. Save di save point di ruangan tersebut. Turun lewat tangga di kiri bawah, lanjutkan sampai bertemu Sky Dragon, kalahkan untuk menghancurkan seal pertama. Kembali ke ruang save point, jalan lewat pintu di kiri save point. Jatuhkan diri lewat jebakan ke second floor.

Lanjutkan sampai bertemu Zenoa, lawan ia untuk menghancurkan seal kedua. Kini pergi ke persimpangan di second floor, jalan ke kanan dan masuki pintu di sebelah tangga. Teruskan sampai basement, lawan Land Dragon untuk membuka seal ketiga. Kini naik lagi ke Fourth Floor, masukkan pintu, lanjutkan dan kalahkan Drakonis. The Flames akan kembali menjadi The Underworld.

Event 42
The Blessed Elixir

Pergi ke Domina, bicara dengan Bartender di Outdoor Fruit Parlour. Lalu pergi ke Gato Grattoes, jalan ke Waterfall. Dari Waterfall, kembali dan pilih 'Dungeon', jalan ke kanan dan masuki ruangan di kanan. Bicara dengan Nun di ruang penyimpanan Elixir. Keluar, lawan Niccolo. Kembali ke Geo dan bicara dengan Bartender. Ajak juga Niccolo bersamamu.
Kini ke Lumina, bicara dengan Manager di Tavern. Ambil jawaban yes(2x)untuk mendapat Barrel In Soul. Kini pergi ke Duma Desert, temukan
Oasis, ia ada di sisi atas layar di salah satu area. Kalau tak salah, Oasis ini ada di West Side.

Event 20
Diddle Had It!

Masuki Lumina dan pergi ke Tavern, Diddle akan pergi. Bicara dengan Capella, lalu ke Home (tak usah masuk ke dalam rumah) lalu keluar ke world map lagi, 4 Shadoles akan memasuki Lumina. Kembali ke Lumina dan bicara dengan Capella di Tavern, lalu tinggalkan Tavern, para Shadoles akan membawa Diddle pergi. Pergi ke Underworld, kalian akan diteleport ke tempat Pokiehl. Jalan ke kiri, jangan menyentuh para Shadoles (kalian akan diteleport ke tempat Pokiehl lagi). Lanjutkan sampai menemukan Diddle, dan lawan Ape Mummy.

Event 16
Diddle Kidnapped

Pergi ke Domina, bicara dengan Roger di St Mana Church. Lalu pergi ke Park of Mana Angel, seekor Dudbear akan menculik Diddle. Pergi ke White Forest, buat Dudbear pingsan, lalu jalan ke kiri. Di tempat berikut, buat 2 Dudbear pingsan sebelum melanjutkan perjalanan ke kiri atas. Berikutnya buat 4 Dudbear pingsan sebelum melanjutkan ke kiri atas lagi. Ikuti event lalu kalahkan Chimera Lord.

Event 66
The Wimpy Thugling

Pergi ke Duma Desert tanpa Pet/Golem. Kalian akan melihat event dengan Tikkle. Ajak ia dan pergi ke tempat Kima (bila arahmu benar akan ada
gempa). Kalahkan Kima. Event ini bisa didapat bila Elemental level Dryad mencapai level 3.

Event 37
The Looking Glass Tower

Masuki Tower of Leires dan bicara dengan Pearl di pintu masuk. Pilih 'Go With Her' untuk pergi bersamanya. Naik sampai eighth floor, ambil jalan kanan bawah untuk mencapai transportation device. Gunakan untuk mencapai tenth floor dan naik ke 11th floor. Masuki Room of Fate dan kalahkan Iron Centaur.
Turun kembali ke first floor, coba keluar, sebuah memo akan jatuh, disusul oleh kemunculan Sandra. Kalahkan Jewel Beast yang disummonnya.
Pearl akan memberimu AF Frozen Heart (Fieg Snowfields).

Event 31
The Lucky Clover

Pergi ke Domina, temui Elazul di Pub dan ajak ia. Saat keluar kalian akan bertemu Pearl. Pergi ke Geo, lihat event Nunuzak dan Esmeralda. Pergi ke Academy of Magic, bicaralah dengan Nunuzak dan Esmeralda. Lalu temui Esmeralda di School Library di hari Gnome/Undine. Temui lagi ia di kelas(di luar kedua hari tersebut), lalu di School Library saat hari Gnome/Undine lagi. Pilih Accept Knighthood.

Pergi ke Jewelry Store, lalu ke Palace of Arts. Bicara dengan Lady Diana di Store Room. Pergi ke Academy of Magic, masuki Principal Office di hari Dryad. Masuki Café, bicara dengan Teapo di belakang counter. Tinggalkan Mall Avenue, lalu kembali dan masuki Café. Setelah Esmeralda pergi, pergi ke Academy of Magic untuk menemui Boyd. Kembali ke Jewelry Store untuk mengajak Elazul, lalu temui Lady Diana dan kalahkan Jewel Beast di Battle Arena.

Event 24
Cosmo

Bicara dengan Elazul di depan rumahmu, ambil jawaban kedua lalu pertama. Setelah ia bergabung, keluar ke world map, sesuatu akan jatuh di Mekiv Cavern. Bicara dengan di pintu masuk, jalan ke kanan atas. Bicara dengan Sproutling, lanjutkan ke kanan atas, sampai bertemu Lord of Jewel. Lanjutkan ke kanan sampai bertemu Pearl, ikuti event dimana Pearl berubah jadi Lady Blackpearl. Lawan Jewel Beast, lalu bicara dengan Lord of Jewel.

Event 22
Two Pearl

Bicara dengan Elazul di tempat tidurmu, turun ke bawah lalu naik, bicara lagi dengannya. Ulangi lagi sampai ia pergi. Kini pergi ke Tower of Leires,
masuki Room of Fate di 11th floor. Ambil pilihan pertama lalu keluar dan lawan Lady Blackpearl.

Event 34
The Quit Sea

Pergi ke SS Buccaneer, bicara dengan Ramtieger di Wheel House(seberang Captain Cabin). Pilih arah South, East, East. Pergi ke Quarter Deck, bicara dengan Pinguin yang memancing. Tinggalkan ia lalu kembali, kini ia mendapat botol berisi hantu. Bicara dengannya, ia akan lari. Bicaralah dengan Cap'n Tusk, lalu ke Lower Deck. Cek barel yang bergerak, pilih "Pretty girl's here!" untuk men-dapat bottle. Kembali ke Quarter Deck dan kalahkan Gova.

Event 25
Can't Look Back

Masuki Fieg Snowfields, bicaralah dengan Memphianse. Jalan sampai save point(Filed of Innicent), lalu jalan ke kanan atas sampai Memphianse's Camp, bicaralah dengan Memphianse. Setelah ia pergi, kembali ke save point, jalan ke kiri bawah, lanjutkan sampai bertemu Memphianse lagi, dan lawan Du'Mere.

Event 35
The Treasure Map

Pergi ke SS Buccaneer, temui Remtieger dan pilih arah North, North, East, kalian akan sampai di Mekiv Cavern. Jalan ke kanan atas, teruskan sampai bertemu Roger dan para Dudbears. Teruskan ke kanan atas sampai menemukan peta, para Dudbears akan merobek peta tersebut jadi 8 bagian. Kini kalian harus menemukan kedelapan Dudbear tersebut.

Acuhkan dulu Dudbear pertama. Kembali ke kiri sampai bertemu Sproutling, jalan ke kanan bawah dari tempat Sproutling, tangkap 2 Dudbear di Underground level 2. Jalan ke kiri dan tangkap 2 Dudbear lagi. Kembali ke tempast Duelle di pintu masuk dan jalan ke kanan bawah. Tangkap 3 Dudbear di sini, kembali ke tempat Dudbear pertama tadi dan tangkap (Note:Bila kalian terlalu lama dalam menangkap Dudbear, Roger akasn muncul dan Event akan gagal. Jadi bila di layar ada 2 atau 3 Dudbear, tangkap satu atau dua dulu lalu pergi ke layar sebelumnya, kembali dan tangkap sisanya).

Event 52
Burried Treasure

Sebelumnya kalian harus menghancurkan 20 crab atau lebih di madora Beach. Pergi ke SS Buccaneer, temui Ramtieger dan pilih arah North, West, West, kalian akan tiba di Madora Beach. Cap'n Tusk akan memberi 15 Halo Coins. Jalan ke kanan, beri Halo Coin pada Dudbear di tengah, mereka akan pergi. Lanjutkan sampai gua, beri Halo Coin pada Dudbear di kiri bawah, ia akan memberi Li'l Bottle. Beri 3 Coin untuk mendapat 3 Li'l Bottle. Beri satu Li'l Bottle pada Dudbear di kanan bawah, ia akan membuka jalan.

Lanjutkan ke tempat Dudbears berikut, beri 2 Li'l Bottle pada Dudbear yang berjalan di lantai yang terang (putih), ia akan memberi 2 Pucashell. Beri Pucashell pada Dudbear di kiri atas. Lanjutkan perjalanan, di tempat Dudbears berikut beri Pucashell pada Dudbear di kiri atas, Lanjutkan ke Queen Cave, cek peta harta dan beri sisa Coinmu pada Dudbears.

Event 51
The Nordic snowfield


Pergi ke SS Buccaneer, temui Ramtieger dan pilih arah East, South, South, West, West, West. Kalian akan tiba di Fieg Snowfields. Pergi ke Field of Innocent (save point), bicaralah dengan Fiorentina. Ia akan memberi Spell level 2. Jalan ke kiri bawah, bicara dengan Malbaresta untuk mendapat spell level 3. Kembali ke Field of Innocent, jalan ke kanan bawah, teruskan sampai bertemu Takis, ia akan memberi Spell level 4. Kembali ke Field of Innocent, bicara dengan salah satu peri untuk mendapat Spell level 5. Jalan ke kiri bawah, temui Tilda untuk mendapat spell level 6. Kembali ke Field of Innocent, jalan ke kiri atas, teruskan sampai South Fieg Glacier dan bicara dengan peri di kiri atas untuk mendapat spell level 7. Kembali ke Field of Innocent dan save. Kembali ke tempat Takis dan dan bicara dengan Ehrlang untuk menyelesaikan event (bila kamu bicara dengan peri yang salah levelnya akan turun lagi, jadi reset dan coba lagi).

Event 32
Alexandrite

Temui Elazul di Pub di Domina, ia akan memintamu menjaga Pearl. Saat di world map, sebuah memo akan jatuh di Geo. Pergi ke Geo, cek Diana di
Storage Room Palace of Arts, ia sudah menjadi batu. Bicaralah dengan Kristie, kini kalian harus mencari 3 key.

Mula-mula pergi ke toko equipment, cek benda bersinar untuk mendapat key of pain. Lalu ke City Gate, temukan key of pride. Terakhir ambil key of hate di meja di Principal's Room. Kembali ke Palace of Arts, bicaralah dengan Kristie, lalu pergi ke Battle Arena lewat Storage Room dan cek patung Diana.

Event 29
Fluorite

Pergi ke Jewelry Shop di Geo, kalian akan diteleport ke Pandora Box, Belle akan muncul dan membawamu ke dunia. Temui Niccolo, bayar 200 Lucre untuk mengantarmu ke tempat Elazul dan Blackpearl (bila tiba di tempat lain, bicara lagi dengan Niccolo dan bayar lagi). Bicaralah dengan Elazul. Setelah ia pergi, bicara lagi dengan Niccolo dan bayar lagi untuk mengantarmu ke tempat mereka lagi. Usai event ambil jalan kiri atas, lanjutkan sampai ada event dan lawan Jewel Beast.

Event 33
Teardrop Crystal

Temui Boyd di depan St. Mana Church di Domina, pilih accept untuk pergi ke Jewelry Store di Geo bersamanya. Masuki Jewel Shop, lalu coba keluar, Pearl dan Elazul akan muncul. Cek peti di kanan bawah untuk tiba di Pandora Box. Usai event masa lalu Pearl, Florina akan memberi AF Jumi's Staff (Bejeweled City). Kini pilih salah satu dari Pearl atau Elazul untuk menemanimu.

Pergi ke Bejeweled City. Ambil Ruby (merah), Emerald (hijau), Topaz (kuning) dan Saphire (biru). Lalu cek pintu, lawan Jewel Beast. Kembali ke pintu, pasang 2 permata di pedestal sampai ada bunyi kling dua kali. Setelah pintu terbuka, ambil dulu kedua batu yang tadi kamu pasang di ruangan di mana kamu tadi mendapatkannya.

Naik ke lantai 2, ambil Amethyst (ungu) dan Aquamarine (biru muda). Cek gerbang, lawan Jewel Beast dan pasang 3 batu di pedestal sampai bunyi kling 3 kali. Ambil lagi ketiga batu yang kamu pasang. Naik ke lantai 3, lawan Machine Golem untuk mendapat Diamond (putih). Cek pintu, lawan Jewel Beast, dan pasang 4 permata di pedestal sampai bunyi kling 4 kali.
Naik ke lantai 4, temui Florina, Alexandra(Sandra), dan Lord of Jewels. Lawan Lord of Jewel 999, lalu Lord of Jewel 1000. Ikuti eventnya.

Final Event
Mana Tree

Bawa NPC dan Pet/Golem terkuatmu, capai puncak pohon ini dan lawan Mana Tree.
Legend of Mana Walk Trough)

THE END

Terkait

Description: Walktrough Bahasa Indonesia: The Legend Of Mana Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Walktrough Bahasa Indonesia: The Legend Of Mana
Al
Mbah Qopet Updated at: 13.54

0 komentar:

Poskan Komentar