Senin, 02 Juli 2012

Walkthrough Final Fantasy VIII (Versi Indonesia) Disk 1

A. GAMEPLAY DAN JUNCTION

     FFVIII adalah FF pertama yang tak mengenal menu equip, karakter tidak dapat berganti senjata, dan bahkan tak memiliki armor dan aksesori apapun. Segala peningkatan status dilakukan melalui junction, bahkan tanpa junction karakter kalian tak bisa melakukan comand lain selain attack (aneh juga membayangkan karakter tak bisa menggunakan potion tanpa GF. Apakah GF juga berfungsi sebagai kuli pembawa item kita? :) )

      Untuk melakukan junction, karakter harus menjunction GF lebih dulu. Kemudian karakter tersebut bisa memilih untuk memfokuskan kekuatan pada attack, magic atau junction. Bisa pula kita mengatur junction sendiri. Semakin banyak magic yang dijunctionkan dan semakin tinggi level magic tersebut, semakin hebat pula peningkatan status yang dihasilkan. Misal, coba saja junctionkan 100 magic Ultima pada attack, dan lihat peningkatan status serangan fisikmu.
  
       Selain itu ada pula magic yang bisa dijunctionkan pada elemen dan status attack/defense. Misal memasang 100 confuse pada status attack akan membuat serangan fisik karakter tadi menimbulkan status confuse dengan persentasi 100% (kecuali musuh yang diserang kebal terhadap status tersebut). Sebaliknya menjunction 100 magic confuse pada status defense membuat karakter tersebut kebal pada status confuse. Menjunction 100 magic fire pada elemen attack membuat serangan fisik karakter tersebut berlemen api, dan 100 magic fire pada elemen defense membuat karakter itu mengabsorb elemen api. Satu saran, coba juncthonkan 100 death pada status attackmu.

     Setelah menjunction GF, kita bisa memilih 3 command lain selain attack. Awalnya hanya ada 4 command ability, yaitu magic, GF (mensummon GF), draw (mendraw magic) dan item. Command ability baru akan didapat melalui GF, dan hanya dengan menjunction GF tersebut karakter bisa menjunction ability khusus tadi. Contoh command ability antara lain card, devour, level up, level down dan sebagainya.
   
  Selain command ability, ada pula suport ability. Ability macam ini antara lain encountr half, encounter none, HP bonus, Magic bonus, str bonus dan semacamnya. Ability satunya adalah GF ability, dimana dengan menguasai ability ini kita bisa menggunakan ability tersebut tanpa menjunction GF.

     Hal yang kurang kusuka adalah kurangnya kenaikan status saat level up. Meski kenaikan level saat mudah, hal ini tak sebanding dengan status yang didapat. Karena itu jangan terlalu meningkatkan level di awal game. Tunggu sampai kalian menguasai ability bonus (HP bonus, Str bonus, Magic bonus, dll), pasang pada karakter kalian dan naikkan levelnya, maka saat level up karakter tersebut akan mendapat kenaikan status sesuai ability yang dipasang. Cara lain adalah dengan menggunakan command Devour pada beberapa musuh berlevel 30 ke atas (?)

     Kecuali pada kondisi tertentu, sebaiknya kalian melepas GF dari karakter yang tidak ada dalam tim dan menjunctionkannya ke karakter yang kalian pakai, agar GF tersebut turut mendapat AP dan nantinya bisa menguasai ability baru. Kalian bisa membeli atau mendapat ability baru dari toko maupun dari item seusai pertempuran. Kalian bisa membuang ability yang dianggap tak berguna. Misal GF tersebut telah menguasai ability HP+20% dan tengah mempelajari HP+30%. Kalian bisa membuang ability HP+10%. Namun jangan membuang ability HP+20% sebelum kalian menguasai HP+30%.

     Mengenai musuh, musuh akan meningkat levelnya seiring kenaikan level Squall. Dengan kata lain semakin tinggi level Squall, semakin tinggi pula level musuh. Dengan demikian, jika kalian tak menaikkan level Squall, musuh tetap memiliki level yang rendah. Sekedar diketahui, kalian bisa menjaga level Squall tetap 10 atau kurang, dengan cara selalu membiarkannya mati dalam pertempuran dan jangan hidupkan (kecuali pada event tertentu).

     Terakhir soal limit. Limit akan muncul saat HP karakter tersebut sudah kritis. Maka saat HP karakter rendah, coba tekan tombol cancel berulang-ulang sampai ada tanda panah kecil di samping command attack, tekan kanan dan muncullah menu limit.

     Limit tiap karakter berbeda. Untuk Squall, ia harus menekan tombol R1 saat bar mencapai posisi tertentu. Untuk Irvine, tekan R1 secepat mungkin. Bagi Zell, ia harus melakukan command tertentu untuk mengeluarkan teknik Blitz sebelum waktu habis, kombinasi beberapa teknik akan melahirkan teknik baru. Namun cara termudah untuk menimbulkan damage baginya adalah dengan mengeluarkan Blitz Booya dan Rush Punch bergantian dengan cepat. Untuk Rinoa limitnya bersifat random, dan nantinya ia akan punya limit baru yang membuatnya berserk sambil mengeluarkan magic random dengan kemampuan berkali lipat biasanya. Limit Selphie adalah slot yang membuatnya bisa mengeluarkan berbagai magic, atau teknik khusus seperti Full Cure. Slot The End bahkan bisa menghabisi Omega Weapon dalam 1 serangan! Terakhir limit Quistis yang didapat dengan menggunakan item tertentu agar ia bisa menguasai Blue magic. Namun sejujurnya sebagain besar limit Quistis tergolong tak berguna! Karakter seperti Laguna, Kiros, Ward atau Edea memiliki limit sendiri dan tak perlu command khusus.

B. WALKTROUGH

DISK 1
     Usai event awal, Squall akan dirawat di Infirmary, masukkan namanya. Quistis akan menjemputmu, ikuti ia. Usai pelajaran, cek meja Squall, buka menu tutorial untuk mendapat 2 GF, Quezacotl dan Shiva. Temui Quistis, ia akan mengajakmu ke Fire Cavern dan akan menunggumu di gerbang depan.

     Di luar, Squall akan bertabrakan dengan Selphie, murid pindahan dari Trabia. Setujulah untuk membantunya. Bicara dengan pria berbaju kuning dekat lift untuk mendapat 7 kartu dan petunjuk memainkan triple triad. Setelah ini kalian bisa menantang orang bermain triple triad dengan menekan tombol kotak sat berbicara dengan orang tersebut (sebaiknya lakukan saat kalian punya kartu-kartu kuat saja). Setelah turun, ikuti sesi tutorial.

    Turun ke lantai 1, lalu temui Quistis di gerbang luar. Ia akan menjelaskan tentang junction. Pergi ke Fire Cavern, gua di belakang Balamb Garden, pilih waktu (semakin sedikit waktu yang dipilih, semakin tinggi pointmu). Di dalam kalahkan Ifrit (serang dengan Shiva dan magic Blizzard). Akan lebih baik lagi jika kalian mengalahkannya saat waktu tinggal beberapa detik lagi, karena kalian akan mendapat point tinggi. Ifrit akan jadi GFmu.

    Kembali ke Balamb Garden dan ganti bajumu di Dormitory, lalu kembali ke lobby. Di sini ia akan bertemu Zell, siswa Balamb yang menguasai Blitz. Squall dan Zell akan tergabung dalam tim yang dipimpin Seifer dalam misi di Dollet. Gerakkan mobil ke kota Balamb, lalu naiki kapal di dermaga.

     Di dalam, Xu akan memberi penjelasan tentang misimu. Saat Seifer memberi perintah, keluarlah. Usai FMV pendaratan kapal di pantai Dollet, ikuti Seifer ke Central Square, jalan ke kanan atas dan lawan semua prajurit Galbadia. Lalu bicara dengan Seifer, cek juga anjing di dekatnya sampai anjing itu mulai melolong diikuti larinya prajurit-prajurit Galbadia.
     Ikuti Seifer sampai melawan Anacondaur (serang dengan Shiva dan magic blizzard).  Lalu teruskan ke Communication Tower, di dalam Selphie akan bergabung. Masuk ke menara dan lengkapi tiap orang dengan GF, save dan naik ke puncak. Di atas, hadapi Wedge dan Biggs, lalu Elvoret. Draw GF Siren darinya, draw juga double darinya dan cast untuk membantumu. Serang ia dengan GF.

     Setelah mengalahkannya, turun lagi. Kalian harus mencapai pantai dalam waktu 30 menit, namun kalian akan dihadang X-ATM092. Serang dengan GF Quezacotl dan magic thunder sampai capitnya turun, lalu lari dengan tombol L2+R2. Mungkin kalian akan melawannya berkali-kali, meski kalian bisa menghindari hal tersebut. Lari sampai pantai, Quistis akan menghancurkan robot kepiting ini.

Note : Kalian bisa bersembunyi di bar, tapi kalian akan kehilangan FMV di pantai. Atau kalian bisa mengalahkannya jika kalian cukup kuat untuk itu.

     Kembali di kota Balamb, kunjungi rumah Zell. Kalian bisa bermain kartu dengan ibu Zell untuk mendapatkan kartu Zell kalau mau. Ambil juga Timber Maniac di hotel atau stasiun (salah satunya), lalu kembali ke Balamb Garden. Di lobby, temui Cid, Quistis dan Xu. Lalu temui Seifer, akan ada panggilan untuk pada calon SeeD. Naik ke lantai 2, setelah beberapa saat akan ada pengumuman hasil ujian, hanya 4 siswa yang lulus, yaitu Squall, Zell, Selphie dan Nida. Usai pelantikan, bicara lagi dengan Cid untuk mendapat battle meter. Kembali ke lantai 2 untuk event singkat.

     Pergi ke Dormitory dan ganti bajumu, lalu bicara dengan Selphie. Di pesta Squall akan bertemu Rinoa yang akan mengajaknya berdansa. Saat di balkon, Quistis akan meminta Squall menemaninya ke Secret Area. Kembali ke Dormitory dan ganti bajumu, lalu temui Quistis di Training Center. Pergi ke 'Secret Area', letaknya di dekat save point.

     Usai event, kembalilah. Mereka akan melihat seorang gadis (Ellone) yang diserang monster, kalahkan Granaldo dan 3 Raldo. Setelah menang, White SeeD akan membawa gadis itu pergi. Kembali ke Dormitory dan tidur. Paginya ambil Weapon Mags April di meja. Lalu temui Cid di jalan menuju gerbang, ia akan menjelaskan misimu. Bicara lagi dengannya untuk mendapat Magical Lamp.

Side-quest – GF Diablos
     Save, lalu gunakan item magic lamp. Kalian akan berhadapan dengan Diablos. Untuk melawannya, gunakan protect pada karaktermu, lalu draw magic demi dan cast padanya sampai damage dari demi di bawah 100, baru gunakan sembarang serangan. Bila Selphie dalam kondisi kritis, gunakan 'full cure' pada limit slotnya. Setelah mengalahkannya, Diablos akan jadi GFmu.
*Note : Diablos memiliki abiliti encounter none, yang sangat berguna jika kalian ingin menghindari random encounter. Abiliti yang menyenangkan, terutama jika kalian malas melakukan encounter sepertiku :).

*Note - SeeD Test
     Dalam game ini kalian tak akan mendapat uang dari pertempuran. Kalian hanya memiliki 2 cara untuk mendapat uang, yakni dari gaji SeeD dan dari menjual item. Semakin tinggi level SeeDmu, semakin besar pula 'gaji'mu. Salah satu caa untuk meningkatkan level SeeD adalah dengan mengikuti ujian SeeD (bisa dilakukan lewat menu tutorial). Berikut adalah jawaban untuk test tersebut:
Test 1 : Y N Y Y Y N N Y N N
Test 2 : Y N Y Y Y N Y Y N N
Test 3 : N N Y N Y Y Y N Y N
Test 4 : N Y Y Y N N Y Y N N
Test 5 : N N N Y Y N N Y Y Y
Test 6 : Y N Y Y N N Y Y N Y
Test 7 : Y Y Y Y Y Y N Y Y N
Test 8 : N Y N N Y Y N N Y N
Test 9 : N Y N N N N N N Y Y
Test 10: Y N N N N N N N Y N
Test 11: Y Y N Y Y N Y N N Y
Test 12: N Y N N Y N Y N Y N
Test 13: Y N N N Y N N N N N
Test 14: Y Y Y Y N Y Y N Y N
Test 15: Y Y N N N N N Y N Y
Test 16: Y N N Y N Y N N Y N
Test 17: Y N N N Y N N Y N N
Test 18: Y N N N Y N N N N N
Test 19: Y N N Y N N N N N Y
Test 20: Y Y N Y N Y Y Y N N
Test 21: Y Y Y Y N N Y Y Y N
Test 22: N N N Y N N N Y Y N
Test 23: Y N N N N Y Y Y Y Y
Test 24: Y Y N N*Y Y N N N Y
Test 25: Y N Y Y Y N N Y N N
Test 26: Y Y N Y N Y N Y N N
Test 27: N Y N N N N Y N Y N
Test 28: Y N N Y Y Y N Y N N
Test 29: N N N Y Y N N N Y N
Test 30: N Y N N N N Y N N N

     Pergi ke kota Balamb dan bayar 3000 gill di stasiun, lalu masuki kereta. Bicara dengan Selphie di lorong kereta, lalu masuki ruanganmu. Zell akan memberi Pet Pals vol 1 dan akan menjelaskan tentang Timber. Setelah Selphie masuk, semua akan tertidur dan bermimpi tentang Laguna cs.

     Laguna, Kiros dan Ward adalah para prajurit Galbadia. Mereka memiliki status seperti Squall cs. Temukan mobil yang akan membawamu ke Delling City. Lalu ke Galbadia Hotel dan bicara dengan seorang pelayan untuk duduk di tempatmu.

     Tak lama Julia akan muncul. Dekati Julia, Laguna akan mencoba menarik perhatian Julia. Kembali ke tempat rekan-rekanmu, Julia akan datang dan mengundang Laguna ke kamarnya. Temui resepsionis untuk mengantarmu ke kamar Laguna. Ikuti event. Event Laguna berakhir saat Kiros dan Ward memanggil Laguna.
  
 Squall akan sadar kembali. Tiba di Timber, saat seseorang menanyaimu, pilih jawaban ketiga : 'but the owl are still around'. Ikuti orang itu memasuki kereta lain. Di dalam, temui 'Princess' di kamarnya, yang tak lain adalah Rinoa, gadis yang mengajak Squall berdansa dalam pesta SeeD.
 
  Kembali ke tempat rekan-rekanmu, lalu ikuti Rinoa ke ruangan lain. Ia akan menjelaskan rencana membajak kereta presiden. Kembali ke kamar Rinoa dan ambil Pet Pals vol 2 di ranjangnya. Tantang Wats main kartu bila ingin mendapat kartu Angelo. Bicara dengannya dan ambil pilihan 2 untuk memulai operasi. Di sini misinya adalah memisahkan gerbong kepresidenan dari kereta dan menggandengkannya dengan kereta pihak pemberontak.

     Di gerbang pertama, masukkan 3 baris kode, dan di gerbang kedua masukkan 5 baris kode. Gunakan L1/R1 untuk melihat penjaga, naiklah sebelum ia tiba di tempatmu. Setelah tugasmu selesai, bicaralah dengan Rinoa, lalu lawan Fake President yang akan berubah jadi Gerogero. Gunakan magic cure atau GF untuk menyerang Gerogero, draw esuna untuk menangkal status buruk. Cobalah menggunakan item phoenix down (karena ia adalah undead, dan biasanya lemah pada cara ini).

   Mereka akan mendapat info bahwa President akan pergi ke TV Station. Bicaralah dengan Rinoa untuk mendapat fax dari Balamb Garden. Rinoa akan masuk dalam timmu. Bicaralah dengan Watts, kereta akan kembali ke Timber. Pergi dulu ke Pet Shop dan beli Pet Pals vol 3 dan 4. Gunakan di menu item agar Rinoa bisa mempelajarinya.

     Pergi ke gerbang kota dan tolong penjaga kota, lalu masuki gedung Timber Maniacs. Ambil Timber Maniac dan buku Girls Next Door (berguna nantinya). Lalu pergi ke pub, lawan 2 prajurit Galbadia untuk mendapat kartu. Masuki pub dan beri Drifter kartu Tonberry, ia akan memberi jalan.

     Save lalu lanjutkan dan naiki sebuah tangga. Sampai di monitor raksasa, Rinoa akan pergi dan rekanmu yang lain akan datang. Saat Presiden berpidato, Seifer akan datang dan menyanderanya. Pergi ke TV station dan lihat event. Kejar Seifer dan Quistis, Edea akan muncul dan membawa Seifer pergi. Ikuti Rinoa dan Quistis, masuki rumah di sebelah gedung Timber Maniacs dan sembunyi di lantai 2.

   Bicara dengan Quistis (2x) lalu turun. Sebelum keluar, wanita pemilik rumah akan memberimu item-item. Bicaralah dengan Zone yang menyamar sebagai prajurit Galbadia, lalu ke kanan dan temui Watts, ia akan memberimu 4 tiket kereta. Lanjutkan dan masuki kereta yang akan membawamu ke East Academy.
   
Di kereta, buka pintu gerbong. Bicaralah dengan Rinoa, Selphie dan Zell. Kereta akan tiba di East Academy Station. Dari sini pergi ke sebuah hutan di barat laut. Mereka akan tertidur dan kembali bermimpi tentang Laguna.
   
Kali ini Laguna berada di sebuah tambang tua. Temukan sebuah detonator, dan ambil pilihan pertama untuk menggelindingkan batu. Teruskan, dari save point ambil jalan ke atas. Di tebing lawan prajurit Esthar (4x), prajurit terakhir akan menguras HPmu jadi 1 dengan Soul Crush. Untuk menyelamatkan diri, Laguna cs akan terjun dari tebing.
 
  Setelah Squall cs sadar, pulihkan HPmu. Lalu masuki Galbadia Garden. Naik ke lantai 2 dan masuki reception room. Bicara dengan rekan-rekanmu, Quistis akan masuk. Bicaralah dengan Rinoa, Selphie, Quistis dan Rinoa lagi, Squall akan keluar dari ruangan. Pergi ke arah lobby, ia akan bertemu Fujin dan Raijin. Usai percakapan dengan mereka, keluarlah ke gerbang (bicara dengan Quistis).
  
 Di gerbang, bicaralah dengan Rinoa, Headmaster Martine akan datang dan menjelaskan rencana membunuh Edea. Ia juga mengutus muridnya Irvine untuk membantumu. Bicaralah dengan Rinoa, saat Irvine memilih tim, ambil pilihan kedua, lalu susun timmu sendiri. Pergi ke stasiun dekat situ dan bayar 3000 gil untuk mencapai kota Deling.
  
 Setelah semua sudah masuk, buka pintu gerbong. Selphie dan Irvine akan pergi ke gerbong lain. Temui mereka, bicaralah dengan Selphie, lalu kembali dan lihat event. Kereta akan tiba di Deling. Naiki bus menuju Caraway's Mansion. Bicaralah dengan Caraway's Guard, untuk bisa masuk kalian harus mendapat code number dari Tomb of The Unknown King.
  
 Pergi ke tempat persewaan mobil dan sewa, lalu pergi ke makam di timur laut. Temukan gunblade di lantai dan ingat kodenya. Teruskan dan pergi ke ujung timur makam, caranya saat menemukan persimpangan selalu belok kanan. Di ujung kanan, cek patung dan kalahkan Sacret, draw protect darinya untuk mengurangi damage. Juga cast float untuk menghindari damage dari quake.
    
Kini pergi ke ujung utara makam, caranya saat menemukan persimpangan selalu pilih belok kanan. Cek dinding sebelah kanan untuk membuka pintu air. Pergi ke ujung barat makam, caranya dari ujung utara makam saat menemukan persimpangan selalu belok kanan lagi, maka kalian akan tiba di ujung kiri makam ini. Cek panel di kiri untuk menurunkan jembatan. Kini pergi ke bangunan di tengah (lurus dari pintu masuk).
  
 Seberangi jembatan, lawan Sacret serta Minotaur. Cast protect dan Float pada karaktermu. Kalian juga bisa mencast float pada mereka untuk mengurangi kekuatan mereka. Kalahkan mereka untuk menjadikan mereka GFmu. Lanjutkan untuk bertemu arwah raja.

Note: Tahu kenapa aku menyuruh kalian selalu belok kanan saat menemukan persimpangan? Lihat lah lay out makam ini:

            _____                 Keterangan:
           |_ 2 _|                1 – Lokasi Sacred
          ___| |___               2 – Saklar untuk aliran air
         |  _   _  |              3 – Saklar untuk menurunkan jembatan
      ___| |_| |_| |___           4 – Loaksi Sacred dan Minotaur
 _   |  _   _   _   _  |  _       G – lokasi gunblade
| |__| |_| |_| |_| |_| |_| |      J - Jembatan
|3 __   _   _ 4 _   _   _ 1|
|_|  | |_| |_|J|_| |_| | |_|
     |___   _   _   ___|
         | |_| |_| |
         |___ G ___|
             | |
             | |

     Dengan selalu belok kanan saat menemukan persimpangan, kalian akan menyusuri dinding makam ini berlawanan arah jarum jam, dan secara berurutan kalian akan tiba di lokasi 1, 2 dan 3. Setelah menurunkan jembatan di area 3, kalian harus ke area 4 lewat jembatan di tengah.

     Kembali ke Caraway's Mansion dan temui Caraway's Guard, masukkan kode tadi mulai dari belakang. Misal kode dari gunblade tadi adalah 279, maka masukkan angka 972. Masuki Mansion dan bicara dengan Rinoa, ia akan memanggil ayahnya. Setelah General Caraway datang, ikuti ia sampai gateway. Jelajahi kota dan lengkapi itemmu, lalu kembali ke tempat Caraway. Tim akan dibagi 2. Saat keluar mereka akan bertemu Rinoa.
    
      Di luar ikuti General Caraway, bicara dengannya di Gateway, lalu ikuti ia ke President Mansion. Beralih ke Quistis cs, kembali ke Caraway's Mansion, mereka akan terjebak di dalam. Saat mengendalikan Rinoa, panjat ke atas lewat peti-peti. Lanjutkan sampai bertemu Edea yang akan mempengaruhi dirinya. Edea kemudian akan membunuh Presiden Deling dan mensummon 2 Iguon untuk menyerang Rinoa.
   
       Saat mengendalikan Quistis di Caraway's Mansion, Bicaralah dengan rekan-rekanmu sampai ia menunjuk sebuah lukisan. Ambil sebuah gelas di lemari dan pasang di patung untuk membuka pintu rahasia. Turun sampai saluran air bawah tanah. Kalian bisa memanjat kincir air untuk tiba di seberang.
    
      Kembali ke parade, di tengah keramaian Squall dan Irvine menyusup. Ikuti langkah Rinoa sebelumnya. Kalahkan 2 Iguon yang menyerang Rinoa, jangan lupa untuk mendraw GF Carbuncle dari mereka. Serang dengan GF Shiva. Setelah itu, cek lantai dekat pintu masuk untuk tiba di ruang rahasia. Ambil rifle di lantai.
   
        Kembali ke Quistis cs, lanjutkan perjalanan sampai kalian menemukan sebuah tangga dekat save point. Panjat tangga itu ke atas sampai puncak menara. Switch semua GFmu pada Squall, Irvine dan Rinoa. Bicaralah dengan Zell, lalu tekan switch untuk menurunkan gerbang.
   
        Karena tembakan Irvine bisa dihentikan, Squall memutuskan untuk menyerang langsung. Ia akan dihadang Seifer, kalahkan ia. Berikutnya dengan dibantu Rinoa dan Irvine, hadapi Edea. Usai pertempuran Edea akan membentuk tombak es yang akan menghujam bahu Squall......

CONTINUE DISK 2

Ditulis oleh Ryan Pratama

Terkait

Description: Walkthrough Final Fantasy VIII (Versi Indonesia) Disk 1 Rating: 4.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Walkthrough Final Fantasy VIII (Versi Indonesia) Disk 1
Al
Mbah Qopet Updated at: 22.26

0 komentar:

Poskan Komentar